Tips Kembalikan Ruang Penyimpanan di iOS



Meskipun smartphone sudah dibekali ruang penyimpanang yang luas namun masih saja pengguna merasa ruang penyimpanannya kurang termasuk juga bagi pengguna Apple iOS. Jika sudah begini maka banyak mereka memilih menghapus data atau aplikasi yang tidak terlalu penting.

Nah pada kesempatan ini admin akan berikan beberapa tips kembalikan ruang penyimpanan pada perangkat iOS Apple.
  • Back up Foto Dengan Google Photos
Bagi yang miliki akun Google maka Google Photos bisa dipakai mem-backup foto-foto yang tersimpan pada Camera Roll di iPhone. Google Photos akan menghapus foto-foto yang sudah lebih dari 30 hari dan sudah bakcup sehingga pengguna akan dapatkan ruang penyimpanan tambahan atau bisa menggunakan Dropbox namun Dropbox hanya sediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 2GB.
  • Hapus Lagu Offline Yang Tersimpan
Bagi yang berlangganan Apple Music dan menyimpannya untuk didengarkan saat offline maka sebaiknya sobat hapus. Silahkan masuk ke Settings >> General >> Storage & iCloud Storage >> Manage Storage >> Music >> tap Edit pada pojok kanan atas dan hapus musik-musik yang jarang didengarkan.

  • Reinstal Aplikasi
Aplikasi yang memuat banyak gambar seperti Path atau Instagram dapat membuat ukurannya makin besar jika sudah dipakai lama. Ada baiknya hapus dan instal ulang aplikasi untuk dapatkan ruang penyimpanan tambahan. Jika sobat menghapus aplikasi maka akan menghapus data-data yang tersimpan dalam aplikasi tersebut. Lihat dulu aplikasi yang memaka ruang penyimpanan besar melalui Settings >> General >> Storage & iCloud Storage >> Manage Storage >> bila sudah menemukan aplikasinya maka pilih Delete App dan tekan tombol konfirmasi pada pop up yang muncul.
  • Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Sebaiknya lihat kembali aplikasi yang terinstal, jika ada aplikasi yang jarang dipakai sebaiknya hapus saja. Cara lain adalah hapus aplikasi yang bisa diakses melalui Safari seperti Facebook, cukup tekan dan tahan pada ikon aplikasi hinga muncul tanda ‘x’ di pojok kiri atas untuk menghapusnya.
  • Menghapus History dan Data-Data Situs Safari
Meskipun tidak begitu banyak melegakan penyimpanan pada iOS secara signifikan, tak ada salahnya  coba  hapus data atau history browsing yang tersimpan di Safari. Masuk Settings >> Safari >> Clear History and Website Data >> Tekan Clear History and Data pada pop up yang muncul.
 

Mudah kan cara melegakan ruang penyimpanan di iOS, semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips Kembalikan Ruang Penyimpanan di iOS



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Tips Kembalikan Ruang Penyimpanan di iOS"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |