Cara Mengkloning Data dengan Aplikasi CLONEit di Smartphone



Seperti kita tau bahwa mentransfer file atau data ke sesama perangkat smartphone memang sering dilakukan penggunanya seperti ingin mengganti smartphone baru dengan tidak ingin file atau data dari smartphone lama hilang.

Untuk melakukan hal tersebut pun banyak cara yang dapat dilakukan, bisa menggunakan cara manual atau memanfaatkan aplikasi defaut dan bisa juga dari pihak ketiga. Namun terkadang cara tersebut tidak lah dapat berjalan lancar dan maksimal. Seperti hanya bisa memindahkan daftar kontak saja atau hanya file foto maupun video.
 
Tapi sobat tak perlu khawatir jika ingin mengkopi semua data yang ada di smartphone lama, seperti daftar kontak, call log, SMS/MMS, aplikasi, foto, video, music hingga event yang ada di calendar karena sobat bisa memanfaatkan aplikasi “CLONEit”.

CLONEit merupakan aplikasi besutan SuperTools Corporation yang tawarkan user interface lebih sederhana. Proses transfer diklaim lebih cepat 200 kali dibanding Bluetooth konvensional yakni mencapai 20M/s karena CLONEit memanfaatkan koneksi WiFi untuk proses cloning data.

Aplikasi CLONEit juga dapat dimanfaatkan untuk memindahkan konten-konten khusus seperti APP data, serta system settings (Bookmark browser, WiFi password dan sebagainya). Sehingga sobat tak hanya bisa pindahkan file-file standar yang ada di memori internal ponsel atau yang tersimpan di SD card. Berikut ini cara meng-kloning data smartphone dengan Aplikasi CLONEit :
  • Download aplikasi CLONEit dari Play Store
  • Pastikan aplikasi terinstall di kedua ponsel yakni ponsel lama dan ponsel yang akan menerima data
  • Jika sudah terinstal, silahkan buka dan jalankan aplikasi CLONEit di kedua ponsel
  • Pengguna akan disuguhkan interface yang sederhana yaitu hanya ada opsi ‘Receiver’ dan ‘Sender’
  • Tentukan mana smartphone yang ingin dipindahkan datanya dan mana yang jadi penerima data.
  • Untuk smartphone pengirim silahkan pilih ‘Sender’ dan ponsel penerima pilih ‘Receiver’.
  • Secara otomatis koneksi WiFi di smartphone akan aktif dan langsung mencari ponsel target
  • Bila tidak langsung terdeteksi, pengguna bisa menambahkannya secara manual dengan cara mengkoneksikan WiFi keduanya di opsi pengaturan standar ponsel.
  • Jika sudah terkoneksi, pada smartphone target akan muncul daftar konten data/file yang bisa dikloning atau dipindahkan.
  • Pilih folder-folder tersebut, pengguna bisa melihat detail dari file yang ada di folder data tersebut dengan tekan “Click hereto Choose details”.


  • Bila semua data yang diinginkan sudah terconteng dan siap untuk dipindahkan silahkan pilih ‘Start’.
  • Proses kloning akan secara otomatis berjalan dan semua data akan berpindah  
Bagaimana sobat mudah kan menggunakan Aplikasi CLONEit, silahkan dicoba pada smartphone sobat dan semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat semuanya! - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Mengkloning Data dengan Aplikasi CLONEit di Smartphone



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Mengkloning Data dengan Aplikasi CLONEit di Smartphone"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |