Pengertian Kesadahan Air Secara Umum



kesadahan air
Hardness atau kesadahan merupakan salah satu bagian sifat kimia yang dimiliki air. Penyebab dari kesadahan air ini sendiri yakni karena ditemukannya ion-ion Mg2+, Ca2+ atau kemungkinan juga bisa disebabkan oleh adanya ion-ion lainnya dari polyvalent metal atau logam dengan valensi banyak yang meliputi Fe, Al, Sr, Mn dan juga Zn di dalam bentuk klorida, garam sulfat maupun bikarbonat yang jumlahnya kecil sekalipun. Lantas bagaimana sebenarnya pengertian kesadahan air?

Pengertian mengenai kesadahan air sesungguhnya merupakan kemampuan air dalam menjadikan sabun mengendap. Dimana pada kasus ini sabun tersebut diendapkan oleh ion-ion yang sudah ada dalam pembahasan diatas. Mengingat penyebab utama atau dominan dari kesadahan air merupakan Mg2+ dan Ca2+, maka kesadahan air sendiri artinya dibatasi pada sifat atau karakteristik air dengan menggambarkan konsentrasi jumlah ion Ca2+ maupun Mg2+ yang kemudian dinyatakan sebagai CaCO3. Penting untuk Anda ketahui bahwa air sadah dapat menyebabkan sabun menjadi sulit untuk berbuih akibat ion-ion Mg2+ dan Ca2+ telah mengendapkan sabun tersebut.

Ion kalsium (II) dalam hal ini juga dapat bereaksi terhadap EBT yang kemudian menghasilkan adanya kompleks Ca-In. Namun sebenarnya kompleks ini sendiri tidak begitu stabil jika dibandingkan dengan kompleks Mg-In. Bahkan kompleks Ca-EDTA justru berlaku sebaliknya, dimana kompleks ini justru tergolong stabil ketika dibandingkan dengan munculnya kompleks dari Mg-EDTA. Apa pengaruhnya kestabilan atau tidaknya kompleks ion-ion tersebut?

Dapat dikatakan bahwa ketika dalam larutan hanya ditemukan adanya ion kalsium (II) serta lantas dititrasi bersama EDTA, maka hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya perubahan warna dalam waktu yang jauh sebelum kemudian mencapai titik akhir. Guna mengatasi kekurangan ini, di dalam analisis kalsium umumnya harus ditambahkan magnesium dalam jumlah kecil yang bertugas untuk mengikat indikator secara lebih stabil. Meskipun dalam pengertian kesadahan air seringkali masyarakat awam tidak memahami kompleks ion dan sejenisnya ini, namun setidaknya masyarakat harus tahu bagaimana cara mengatasinya ketika mereka harus mencuci di tengah kondisi air sadah. Cara yang paling jitu tentu dengan menggunakan Rinso.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Pengertian Kesadahan Air Secara Umum



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Pengertian Kesadahan Air Secara Umum"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |