Hal-Hal Penting yang Wajib Dibaca di Polis Asuransi



Polis Asuransi Kesehatan
Beberapa tahun belakangan ini kesadaran masyarakat akan pentingnya produk asuransi semakin meningkat. Asuransi tak lagi dianggap sebagai sesuatu yang tidak dibutuhkan, melainkan mulai menjadi salah satu kebutuhan yang diutamakan oleh masyarakat modern. Bahkan penggunaan asuransi bisa diibaratkan payung yang senantiasa dibawa bepergian untuk menghindari risiko kehujanan.

Sebelum mulai memiliki asuransi, biasanya sejumlah kesepakatan antara perusahaan asuransi dan pihak tertanggung akan dijelaskan secara rinci pada polis asuransi termasuk polis asuransi kesehatan. Ada sejumlah hal penting yang wajib Anda baca di polis asuransi. Berikut adalah hal-hal tersebut.

Hak Anda untuk Mempelajari Polis Asuransi
Polis asuransi biasanya terdiri dari berkas yang tebal dengan bentuk huruf yang sangat kecil. Hal ini mungkin membuat sebagian besar orang jadi malas untuk mempelajarinya. Padahal perusahaan asuransi memberikan hak bagi Anda untuk mempelajari polis asuransi dalam jangka waktu tertentu. Biasanya waktu yang diberikan untuk mempelajari polis maksimal 14 hari kalender setelah polis diterbitkan. Dengan membaca polis secara teliti, berarti Anda sudah memahami setiap butir kesepakatan yang Anda buat dengan perusahaan asuransi.

Mencermati Data-Data dalam Polis Asuransi
Setiap data yang dicantumkan dalam polis asuransi harus benar dan sesuai dengan data diri Anda sebagai pemegang polis atau tertanggung. Sebab, polis asuransi merupakan salah satu jenis dokumen yang sah di mata hukum. Sehingga jika ada sedikit data yang keliru, kemungkinan besar klaim asuransi akan sulit untuk dilakukan di kemudian hari. Lakukan beberapa kali pengecekan untuk memastikan bahwa polis asuransi tersebut sudah memuat data-data Anda secara lengkap dan benar.

Ketentuan Pembayaran Premi
Ketentuan pembayaran premi asuransi meliputi jumlah premi yang harus dibayarkan, tanggal jatuh tempo premi, dan periode berlakunya asuransi. Biasanya jika premi mengalami tunggakan dalam waktu tertentu, maka Anda tidak akan mendapatkan proteksi risiko jika karena dianggap sudah lepas dari masa pertanggungan asuransi. Biasanya asuransi yang sudah mengalami kondisi lapse bisa kembali dipulihkan dengan batas waktu dan beberapa syarat lainnya.

Manfaat Proteksi yang Dijamin Perusahaan Asuransi
Informasi rinci mengenai Uang Pertanggungan (UP), masa pertanggungan, serta manfaat asuransi lainnya juga dijelaskan secara detail pada polis asuransi. Pada polis asuransi kesehatan, informasi mengenai pertanggungan biaya rumah sakit, masa pertanggungan, serta jenis penyakit juga harus dicermati secara seksama. Supaya Anda bisa memperoleh manfaat proteksi yang benar-benar Anda butuhkan.

Jadi, luangkan waktu Anda untuk mencermati setiap informasi dalam polis asuransi secara seksama. Dapatkan manfaat proteksi semaksimal mungkin untuk diri Anda, keluarga, maupun aset-aset berharga yang Anda miliki.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Hal-Hal Penting yang Wajib Dibaca di Polis Asuransi



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Hal-Hal Penting yang Wajib Dibaca di Polis Asuransi"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |