Gejala Penyakit Diare Pada Anak Dan Cara Penanganannya



Gejala Penyakit Diare

Penyakit diare tentunya pernah dialami oleh siapa saja, baik itu oleh bayi, anak-anak maupun orang dewasa. Dimana penyakit diare ini biasanya sering terjadi pada anak-anak di masa pertumbuhan. Karena pada masa pertumbuhan, anak-anak suka bermain di tempat yang kotor dan tidak bisa diam untuk mencoba hal-hal baru. Seperti dengan memegang mainan yang tidak bersih. Karena secara umum penyakit tersebut diakibatkan oleh infeksi bakteri dan parasit melalui asupan makanan dengan tangan yang kotor. Dan untuk mengetahui penyakit tersebut bisa kita lihat dari beberapa ciri gejala penyakit diare anak.

Gejala penyakit diare anak bisa kita lihat dari beberapa ciri, seperti dengan buang air besar yang tidak normal. Maksudnya yaitu buang air besar dalam bentuk encer atau banyak cairan. Dan juga gejala penyakit diare yang terjadi pada anak bisa kita lihat dari frekuensi buang air yang bertambah. Artinya anak sering bolak-balik ke WC untuk buang air besar dengan jangka waktu sekitar 4-6 jam sekali. Selain itu anak akan mengalami demam, frekuensi kencing berkurang, mata anak menjadi cekung dan juga muntah-muntah.

Adapun cara untuk penanggulangan atau penanganan  penyakit diare yang terjadi pada anak, anda harus melakukan beberapa hal berikut. Seperti memberikan minum dalam jangka waktu yang sering, kurang lebih setiap 2 jam sekali sesuai dengan kebutuhan. Itu bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Atau anda juga bisa memberikan oralit untuk anak yang terserang diare sebagai pengganti cairan dalam tubuh yang hilang.

Penanganan selanjutnya untuk anak yang terserang penyakit diare, yaitu usahakan anda untuk tidak memberikan makanan padat dan berserat sementara waktu. Misalnya dengan mengurangi asupan syuran dan buah-buahan, karena itu biasanya akan sulit di cerna oleh anak. Selain itu penanganan untuk anak yang terkena diare, sebaiknya anda segera membawa anak anda ke puskesmas atau ke rumah sakit terdekat. Dimana hal tersebut bisa membantu penanganan penyakit diare pada anak sedini mungkin. Dan untuk pencegahan,anda bisa menerapkan pola hidup sehat dalam lingkungan keluarga. Misalnya selalu membiasakan dan mengajarkan anak-anak mandi setelah beraktivitas menggunakan sabun Lifebuoy atau mencuci tangan sebelum makan.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Gejala Penyakit Diare Pada Anak Dan Cara Penanganannya



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Gejala Penyakit Diare Pada Anak Dan Cara Penanganannya"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |