Gejala Penyakit Diare Pada Anak-anak



Cuci Tangan
Rajin Cuci Tangan Mencegah diare
Diare merupakan penyakit yang umum dialami oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Walaupun diare termasuk penyakit yang sering timbul dan dialami oleh sebagian anak-anak, bukan berarti masalah kesehatan yang satu ini bisa disepelekan begitu saja. Berbagai upaya penanganan yang baik dan tepat wajib diterapkan agar masalah diare bisa teratasi secara optimal. Selain itu, upaya penanganan juga dilakukan dengan tujuan agar berbagai macam gejala penyakit diare bisa segera dituntaskan. Dengan begitu, anak akan kembali ceria dan semangat dalam beraktivitas tanpa masalah pencernaan.

Secara umum, salah satu masalah yang dapat memicu penyakit diare pada anak-anak yaitu adanya infeksi yang terjadi dalam tubuh. Infeksi tersebut dapat terjadi akibat pengonsumsian makanan yang kadaluarsa, alergi ataupun keracunan makanan yang tidak sehat. Itulah sebabnya kebanyakan anak-anak mengalami diare setelah mengonsumsi jajanan yang sembarangan. Faktor kebersihan juga menjadi hal penting yang seringkali memicu masuknya bakteri penyebab infeksi ke dalam tubuh anak. Sebagai orang tua, Anda harus memperhatikan kesehatan pencernaan anak dengan baik agar masalah diare dan penyakit lainnya tidak bermunculan.

Hampir sama dengan masalah diare yang dialami oleh orang dewasa, anak-anak juga mengalami beberapa gejala kesehatan apabila masalah diare sudah mulai datang. Beberapa gejala diare yang dialami anak-anak antara lain:

1. Frekuensi buang air besar berupa cairan lebih sering dan bertambah.
2. Tubuh anak menjadi lemas dan terlihat lelah.
3. Cairan tubuh mulai berkurang.
4. Perut terasasakitdanmulas-mulas.
5. Mata terlihat cekung dan anak mulai merintih atau menangis menahan sakit di bagian perut.

Jika hal tersebut sudah mulai timbul, yang harus Anda lakukan adalah memberikan air minum yang cukup untuk anak agar tubuh tidak mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Selain itu, Anda juga perlu memilih asupan makanan yang tepat dengan porsi yang pas agar pencernaan kembali normal. Jika gejala penyakit diare semakin memburuk, Anda harus membawa anak ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat. Jangan lupa untuk menjaga selalu faktor kebersihan lingkungan dan makanan yang dikonsumsi anak agar proses pemulihan kesehatan berjalan dengan lancar.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Gejala Penyakit Diare Pada Anak-anak



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Gejala Penyakit Diare Pada Anak-anak"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |