Cerdas dan hemat dalam mengelolah keuangan bagi anak kos



manajemen keuanga keuangan keluarga Futuready
Tentu bukanlah hal yang mudah untuk tinggal seorang diri dan jauh dari orang tua apalagi jika telah terbiasa dimanja oleh orang tua tentu semuanya akan terasa sangat berat. Apabila selama ini sangat kesulitan untuk mengelola atau mengatur keuangan pribadi berikut akan dijelaskan beberapa tips manajemen untuk keuangan keluarga agar tetap stabil.

Buatlah daftar belanja. Sebagai anak kos yang jauh dari orang tua, tentunya semuanya akan ditanggung sendiri. Saat semua perlengkapan pribadi yang dibutuhkan untuk menunjang telah habis maka haruslah berbelanja kembali. Saat – saat rawan menghabiskan uang ketika berbelanja. Untuk itu sebelum berbelanja sangat diperlukan untuk membuat daftar belanja yang berisi barang – barang yang dibutuhkan. 
Kurangi kegiatan yang tidak penting. Didalam usaha untuk berhemar maka perlunya untuk menghindari berkegiatan yang tidak penting diwaktu senggang. Misalnya pergi ke mall, nongkrong dikafe atau kegiatan lainnya yang dapat pengeluaran bertambah banyak. Sebaiknya gunakan waktu senggang untuk bersantai ditaman atau ruang publik yang lainnya.
Memasak. Selama menjadi anak kos maka akan menjadi kebiasaan untuk menyediakan makanan sendiri. Dengan memasak akan membuat uang saku menjadi hemat selain itu dapat makan sepuasnya apabila memasak sendiri.
Hemat memakai pulsa. Apabila menggunakan smartphone yang membutuhkan pulsa khusus internet maka belilah kuota terbesar yang disediakan oleh provider yang menjadi pilihan. Selain lebih hemat pemakaianya pun juga lama. Perlu diingat kuota internet tersebut untuk satu bulan kedepan jadi jangan terlalu sering dipakai untuk menonton film atau mengunduh hal yang tidak penting.
Menjatah uang perhari. Agar keuangan tetap terkontrol pengeluarannyamaka harus melakukan penjatahan dalam setiap harinya. Kurangi keinginan untuk bermewah – mewahan agar uang tidak cepat habis.

Menjadi anak kos merupakan masa terberat apalagi bagi yang belum terbiasa untuk melakukan segalanya sendiri. Akan tetapi dengan tips mengelola keuangan yang telah diulas maka dapat dipelajari untuk menjadi anak kos yang cerdas dan hemat. Menjadi hemat bukan berarti tidak dapat bersenang – senang, masih dapat bersenang dengan cara lain yang tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Cerdas dan hemat dalam mengelolah keuangan bagi anak kos



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cerdas dan hemat dalam mengelolah keuangan bagi anak kos"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |