Trik Hemat Kuota Internet Agar Tidak Boros




Penggunaan internet memang sangat penting, tak heran jika pengguna gadget pun setiap hari menggunakan internet tanpa henti entah hanya searching atau jelajah di media sosial. Apalagi kini semakin banyak aplikasi chatting atau berkirim pesan yang haus akan paket data.
 
Jika sudah berselancar di dunia media sosial sungguh paket data ini akan banyak terkuras karena setiap hari harus on, apalagi yang suka bermain game yang butuh kuota internet  juga yang mana membuat boros penggunaan paket data.
 
Dalam pemakaian paket data, pengguna bisa memilih antara paket internet unlimited atau berdasarkan kuota. Jika pada paket unlimited pengguna tetap bisa akses internet meski kecepatan jadi sangat lambat maka beda lagi pada paket kuota karena koneksi internet bisa langsung putus.
 
Meski begitu banyak sekali pengguna yang mengeluh borosnya penggunaan paket data hingga menguras kantong. Nah WiFi jadi salah satu alternatif agar bisa hemat kuota namun WiFi pun tak bisa setiap saat dimanfaatkan karena hanya tempat tertentu saja yang mungkin ada WiFi nya. Berikut ini trik hemat kuota internet agar tak boros:
 
Cek Penggunaan Data
  • Cobalah untuk mengecek penggunaan data sobat sering boros untuk apa, media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau untuk mengunduh aplikasi. Sobat bisa cek melalui menu di masing-masing ponsel entah itu sistem operasi Android, iOS atau Windows Phone. Menu biasanya ada dibagian pengaturan, saat dibuka akan menunjukkan berapa banyak data yang digunakan dan aplikasi apa saja yang menggunakannya. 
  • Sobat bisa gunakan aplikasi bawaan, aplikasi buatan pihak ketiga untuk menghitung konsumsi data seperti di Android ada aplikasi Onavo Count untuk melacak penggunaan data. Jika sobat sudah tau aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data maka sobat lebih mudah atur kapan menjalankan aplikasi seperti mengaktifkan aplikasi chatting saat ada WiFi, dll.


Matikan Update Otomatis
  • Update otomatis memang ada untungnya karena aplikasi kita akan terupdate secara otomatis sehingga tak perlu mengupdate lagi namun update otomatis ini justru merugikan juga karena memakan paket data yang tak sedikit apalagi jika aplikasi memiliki ukuran file yang besar. Untuk itu matikan update otomatis jadi sobat lakukan update manual saja apabila ada WiFi jadi bisa hemat kuota.
Minimalkan Download Aplikasi
  • Untuk menghemat paket data maka ada baiknya gunakan WiFi saja ketika ingin download aplikasi atau game karena bisa jadi file yang akan sobat download memiliki ukuran yang besar seperti halnya game dengan tampilan grafis tiga dimensi miliki file berukuran besar sebagai contoh game Contract Killer keluaran Glu Mobile ukuran file 295 MB. Setelah dipasang terkadang masih ada data-data pendukung lain yang harus diunduh oleh game jenis ini sehingga menambah ukuran file dan perlu kuota banyak.
  • Aplikasi media sosial seperti Intagram,Path dll ini jika hanya sekedar mengecek saja mungkin tidak terlalu boros kuota namun jika sobat sering inggah foto atau video bisa jadi butuh kuota data besar
Selektif Menonton Video Online
  • Menonton video di YouTube memang menyenangkan karena kita bisa melihat apa saja namun juga menguras kuota. Streaming video merupakan salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar, ada baiknya hindari menonton streaming video memakai koneksi seluler jadi silahkan sobat menonton streaming atau mengunduh video yang diinginkan ketika terhubung ke WiFi gratis. Jika harus menonton via koneksi seluler, sobat bisa mengakali dengan turunkan kualitas video yang biasanya pada YouTube ada pilihan antara 270p hingga 1080p. Semakin rendah kualitas maka ukuran data yang diperlukan per detik semakin kecil.
  • YouTube juga miliki fitur baru yang mana pengguna bisa menonton video offline jadi sobat bisa mengunduh video YouTube yang diinginkan ketika ada koneksi WiFi lalu menontonnya di waktu lain. Ingat, tidak semua video bisa diunduh ke dalam versi offline. 
Kompresi Data di Browser
  • Beberapa browser ada fitur bawaan yang otomatis memampatkan data. Fitur ini berguna untuk mereka yang sering menjelajah internet menggunakan ponsel. Peramban yang memiliki fitur ini adalah Chrome dan Opera Mini, keduanya gunakan server mereka sendiri untuk mengompres data situs yang dikunjungi pengguna lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil.

Sudah tau kan bagaimana menghemat kuota internet? Semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi sobat ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Trik Hemat Kuota Internet Agar Tidak Boros



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Trik Hemat Kuota Internet Agar Tidak Boros"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |