Merebus Air, Cara Praktis Menghilangkan Bakteri



Merebus Air
Merebus air, cara praktis penghilang bakteri - Air bersih yang ada di sekitar kita belum tentu bebas dari bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit. Banyak sekali penyakit yang bisa menyebar melalui air. Tingkat pencemaran air yang begitu tinggi sangat berpengaruh pada perkembangan mikroorganisme yang hidup dalam air. Bermacam bakteri penyebab penyakit seperti diare, disentri, kolera, typus, dan penyakit lain hidup dalam air. Untuk itu sebelum mengkonsumsi air, kita harus membersihkan air dari bakteri – bakteri tersebut. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan bakteri tersebut. Proses menghilangkan bakteri dalam bisa dilakukan dengan merebus air atau melakukan disinfektasi menggunakan berbagai macam bahan penghilang bakteri air.

Merebus air hingga mendidih merupakan cara yang paling tepat untuk menghilangkan bakteri dalam air. Dengan merebus air paling tidak selama lima menit bahkan jika direbus lebih lama maka hasilnya akan lebih baik. Semua bakteri dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya akan mati. Namun demikian,  pada  waktu dan tempat tertentu, kadang  ada orang yang kesulitan menemukan bahan bakar sehingga tidak dapat merebus air minum. Banyak juga orang yang beralih mengkonsumsi air isi ulang dengan alasan lebih praktis dan hemat bahan bakar .  Padahal proses pengolahan air minum isi ulang masih perlu diteliti karena sangat dimungkinkan di dalamnya masih terdapat bakteri E-coli yang dapat menyebabkan penyakit diare, muntaber, dan typus. Dengan demikian kebutuhan air minum yang babas bakteri belum  dapat terpenuhi.

Untuk mengatasi masalah di atas, maka dilakukan berbagai percobaan untuk memperoleh air minum yang bebas bakteri tanpa merebusnya. Cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan air bersih dan bebas bakteri adalah dengan cara melakukan disinfektasi. Disinfektasi adalah proses menghilangkan bakteri yang terkandung dalam air dengan menggunakan bahan – bahan kimia (disinfektan). Bahan kimia yang digunakan tentunya tidak menimbulkan bahaya pada air yang akan diminum. Bahan kimia penghilang bakteri air yang biasa digunakan  adalah klorin. Selain itu, ada juga yang menyaring air menggunakan saringan dari keramik untuk memperoleh air yang jernih dan bebas bakteri. Selain kedua cara tersebut, ada juga yang melakukan cara pemanasan air dengan matahari melalui proses radiasi. 

Demikian cara – cara yang dapat dilakukan untuk membunuh bakteri yang berada di dalam air. Air yang kita minum harus air yang bersih dan bebas dari segala macam organisme penyebab penyakit. Namun, cara yang paling baik adalah dengan cara merebus, karena selain tidak akan menyebabkan penyakit, cara ini tidak akan menimbulkan efek negatif apapun.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Merebus Air, Cara Praktis Menghilangkan Bakteri



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Merebus Air, Cara Praktis Menghilangkan Bakteri"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |