Mematikan Fitur Protected View di Microsoft Office



Kita tau bahwa virus komputer memang jadi salah satu masalah bagi pengguna komputer terutama bagi yang masih memakai sistem operasi berbasis Windows karena platform ini paling banyak diincar para peretas. Tak hanya merusak komputer namun juga data pribadi ini bisa dimanfaatkan bagi orang yang tak bertanggung jawab.

Aplikasi Microsoft Office pada PC merupakan program aplikasi perkantoran yang populer dan banyak penggunanya. Namun aplikasi ini jadi target para pembuat virus, ada sejumlah virus yang sengaja disisipkan atau menyusup melalui dokumen Microsoft Office seperti Word, Excel atau PowerPoint. Sehingga para pengembang di Microsoft membuat sebuah fitur ‘Protected View‘, dimana sudah ada pada aplikasi Microsoft Office 2013 atau versi yang lebih baru.

Aplikasi Microsoft Office akan mencegah penggunanya untuk membuka semua jenis dokumen Microsoft Office yang diunduh dari Internet, termasuk file yang dikirim melalui attachment pada e-mail dimana dokumen akan di-setting otomatis pada mode Read-only sehingga pengguna tidak bisa melakukan editing pada dokumen tersebut, seperti gambar ini:

Nah selain notifikasi di atas maka detail notifikasi lain saat pengguna membuka dokumen Microsoft Office yang mungkin muncul bisa dilihat pada halaman Microsoft Office Support. Beberapa extensi file yang berpotensi menampilkan pesan validasi error:
  •     File Word 97-2003 (.doc, .dot)
  •     File Excel 97-2003 (.xls, .xla, .xlt, .xlm, .xlb, .xlt)
  •     PowerPoint 97-2003  (.ppt, .pot., pps, .ppa)
Bagi sebagian orang mungkin fitur ini bermanfaat namun ada juga orang yang merasa terganggu dengan fitur ini karena tidak bisa membuka dan meng-edit file yang di unduh melalui Internet. Nah bila sudah begini maka sobat bisa menghilangkan fitur ‘Protected View‘.

Pertama,
dengan membuka Properties file tersebut dengan klik-kanan pada file yang ingin dibuka >> pada bagian bawah ada tombol Unblock >> klik tombol tersebut agar file bisa dibuka dan di-edit.
 

Kedua, dengan membuka opsi Trust Center yang ada di masing-masing aplikasi Microsoft Office. Jadi opsi Trust Center harus diaktifkan satu per satu pada aplikasi Word, Excel dan PowerPoint, caranya:
  •     Klik File >> Options >> Trust Center
  •     Klik Trust Center Setting >> Protected View
  •     Hilangkan tanda ceklis pada pilihan yang ada di bagian sebelah kanan menu tersebut.
  •     Klik OK

Jika sobat ikuti langkah-langkah diatas harusnya dokumen tadi sudah bisa dibuka dan bisa diedit sesuai keinginan pengguna. Semoga bermanfaat!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Mematikan Fitur Protected View di Microsoft Office



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Mematikan Fitur Protected View di Microsoft Office "

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |