Cara Pin to Start dan Unpin from Start di Windows 10



Seperti kita tau bahwa Windows 10 sediakan sebuah opsi untuk melakukan pin suatu aplikasi, folder, drives, file executable, kontak dari aplikasi People, atau sebuah library (folder khusus) ke Start Menu, sehingga bisa diakses dengan cepat dan mudah.

Apabila sobat pengguna Windows 10 dan ingin melakukan pin dari aplikasi Universal Windows Platform (UWP) maka otomatis bisa berubah jadi sebuah live tile. Live tile bisa dipakai untuk mendapatkan informasi tambahan tanpa aplikasi harus selalu dibuka. Namuun bila aplikasi atau folder atau item lain yang di-pin-to-start maka akan hadir di Start Menu. Nah  bagi pengguna mode Tablet maka tile ini sangat memudahkan untuk mengakses item yang diinginkan.

Perhatikan gambar berikut ini! Sebagai contoh melakukan pin-to-start untuk folder Code dan menu Apps & Features dari aplikasi Setting. Ketika pengaturan sudah dilakukan maka untuk menuju folder Code atau fitur Apps & Features tidak perlu mulai dari awal namun cukup klik dari Start Menu dan hal yang dicari akan tersedia.
 

Ini cara melakukan Pin to Start, melakukan Pin dari File Explorer
  •     Buka File Explorer.
  •     Pilih sebuah item >> dapat berupa drive, folder atau sebuah file.
  •     Klik Kanan dan pilih Pin to Start
 
Melakukan Pin dari konfigurasi Aplikasi
Pada beberapa aplikasi Universal Windows Platform (UWP) akan miliki konfigurasi untuk melakukan pin to start. Sebagai contoh aplikasi Settings app.
  •     Buka aplikasi Settings.
  •     Pilih salah satu opsi, misalnya System.
  •     Klik kanan pada daftar menu di sisi kiri dan pilih Pin to Start

Pada aplikasi lain bisa berupa channel/fitur/menu yang dapat di-pin-to-start untuk akses yang lebih cepat. Biasanya menggunakan ikon sebuah pin untuk menunjukkan apakah suatu menu/fitur/channel dapat di-pin-to-start. Berikut cara melakukan Pin dari Daftar Aplikasi
  •     Pilih aplikasi dari daftar aplikasi pada Start Menu.
  •     Klik kanan salah satu aplikasi yang dinginkan, misalnya Visual Studio.
  •     Pilih Pin to Start

Untuk melakukan unpin cukup pilih tile dari Start Menu dan pilih Unpin from Start dan item yang dipilih akan dihapus dari Start Menu.
 

Cara diatas adalah melakukan Pin to Start dan Unpin from Start. Fitur Pin To Start ini merupakan hal baru di Windows 8 dan disempurnakan kembali di Windows 10.

Buat yang menggunakan sistem operasi Windows 7 maka fitur ini sangat berguna untuk menjadi sebuah shortcut terhadap apapun. Tentu saja fungsinya untuk akses cepat sehingga pekerjaan atau kegiatan yang memakai Windows 10 lebih memudahkan dan terpersonalisasi untuk  sendiri.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Pin to Start dan Unpin from Start di Windows 10



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Pin to Start dan Unpin from Start di Windows 10 "

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |