Cara Aman Berinternet di Jaringan WiFi Gratis



Internet memang jadi salah satu kebutuhan yang setiap harinya diperlukan, banyak hal yang bisa kita lakukan di internet seperti jelajah informasi terkini, berselancar di dunia maya dll. Apalagi saat ini ada banyak tempat umum yang menggukana WiFi gratis sehingga kita bisa leluasa berinternet tanpa takut kehabisan kuota.

Namun perlu diketahui bahwa menggunakan WiFi gratis tak selamanya terjamin aman. Ini karena WiFi gratis bisa dipakai sebagai celah untuk para penjahat siber dan bisa bermunculan WiFi palsu. Jika tidak berhati-hati


Tentunya, bagi Anda yang tidak berhati-hati, maka harga yang harus dibayar adalah pencurian login kredensial karena susahnya membedakan jaringan palsu yang beredar. Seperti dikutip dari Okezone sebagaimana dalam keterangan Kaspersky Lab, begini cara agar berinternet aman di jaringan WiFi :
  • Jangan menggunakan jaringan WiFi yang tidak memakai kata sandi karena para penjahat siber umumnya membuat jaringan seperti untuk melacak data pribadi pengguna. Meski kata sandi nyata namun jangan percaya sepenuhnya karena para pejabat siber juga bisa dengan mudah mengetahui kata sandi yang dipakai untuk terhubung dengan jaringan WiFi dan kemudian bisa untuk menciptakan jaringan palsu dengan nama yang sama.
  • Sebaiknya matikan jaringan WiFi jika sudah tidak menggunakannya, untuk melindungi data  dan membantu menghemat daya perangkat.
  • Gunakan WiFi dengan sebaik-baiknya, jangan gunakan WiFi untuk membuka akun perbankan  atau layanan penting lain
  • Hanya HTTP. Beberapa situs memakai https yang mengenkripsi apapun yang dikirim dan terima dari situs tersebut. Misal Google, Wikipedia dan Facebook bisa melakukan hal tersebut. Bila memungkinkan, aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang sobat miliki.
  • Bagi pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera. Jika sering bepergian dan selalu online di laptop ketika berada di tempat umum maka unduh plugin khusus yang membantu mengakses internet secara aman.
  • Pertimbangkanlah untuk memakai jaringan virtual private network (VPN). Metode ini sangat baik untuk melindungi data karena layanan VPN akan mengenkripsi semua data yang dikirimkan.
Oke sobat semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat dan bisa menambah wawasan!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Aman Berinternet di Jaringan WiFi Gratis



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Aman Berinternet di Jaringan WiFi Gratis"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |