Mari Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Umum Gejala Hipertensi



tanda darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah satu jenis penyakit yang patut diwaspadai. Penyakit ini memang tergolong jenis penyakit yang sulit dilihat dengan jelas gejala-gejalanya, padahal jika terlambat ditangani akan sangat berbahaya sekali karena dapat mengancam jiwa penderitanya. Gejala hipertensi yang sulit terlihat dengan jelas namun sangat mengancam jiwa penderitanya tersebut melahirkan sebutan sendiri terhadap penyakit ini yaitu sebagai “silent killer” atau penyakit pembunuh yang mengendap secara diam-diam. Hipertensi yang membuat indikasi darah menjadi tinggi, terjadi saat organ jantung memompa darah pada jalur arterid engan kekuatan yang menekan ata umendorong dinding arteri tersebut. Hal itu membuat pembacaan tekanan darah menjadi lebih tinggi dari batas tekanan darah normal yang lumrahnya berada di sekitaran angka 115 mm Hg/75 mm Hg.

Banyak faktor umum yang mempengaruhi laju peningkatan darah pada tubuh sehingga menimbulkan indikasi penyakit hipertensi. Hal utama yang sangat mempengaruhi tentu saja akibat pola serta gaya hidup tidak sehat yang diadopsi misalnya asupan atau pengkonsumsian makanan yang tidaksehat, kurang istirahat dalam waktu yang cukup, kurang giat berolah raga secar ateratur, dan juga kebiasaan merokok yang sulit ditinggalkan. Apabila anda tergolong orang yang memiliki kebiasaan-kebiasaan kurang baik seperti di atas, maka anda harus dapatl ebih waspada danberhati-hati karena hipertensi atau tekanan darah tinggi mungkin akan lebih rentan menyerang tubuh anda.

Selain kebiasaan-kebiasaan buruk seperti yang telah disinggung di atas, hipertensi pada orang juga dapat diakibatkan karena faktor obesitas, gangguan yang erat kaitannya dengan sistem metabolisme tubuh, dan juga faktor keturunan. Mengingat hipertensi ini sangat sulit disadari tapi memiliki kemampuan merusak sistem tubuh yang sangat mengerikan maka sangat baik dan bijak sekali jika anda secara dini mengenal akan gejala hipertensi tersebut untuk peningkatan kewaspadaan dan pengupayaan tindak lanjut medis yang lebih cepat dan tanggap, seandainya anda merasakan gejala-gejala tekanan darah tinggi itu terjadi pada tubuh anda. Tanda-tanda umum gejala tekanan darah tinggi (hipertensi) itu adalah seperti berikut ini.

Pertama, mengalami gangguan pernapasan seperti merasa sesak napas dapat menjadi satu tanda pemicu orang yang terkena hipertensi. Kedua, sering merasakan nyeri pada jantung yang diakibatkan dari kencangnya aliran darah keseluruh bagian tubuh. Ketiga, sering merasa kehausan dan inginbuang air kecil. Keempat, mata tidak bisa melihat begitu jelas atau pandangan menjadi kabur. Kelima, sering merasa mual atau muntah tanpa sebab yang jelas. Kelima, sering merasa sakit kepala tanpa penyebab yang jelas pula. Itulah beberapa tanda umum gejala tekanan darah tinggi (hipertensi) yang dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan penyakit tersebut.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Mari Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Umum Gejala Hipertensi



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Mari Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Umum Gejala Hipertensi"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |