Cara Mudah Menjaga Keamanan Jaringan Nirkabel



Siang sobat GapteK, masih jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar teknologi. Sekarang ini memang banyak sekali yang menggunakan jaringan internet pribadi alias memasang dirumah yang biasanya diserta pula dengan Wi-Fi. Jaringan nirkabel (Wi-Fi) memang membuat bagi siapa saja dengan mudah menggunakan internet pada komputer, smartphone, tablet dan perangkat nirkabel lain di rumah tanpa kabel.

Bila memakai kabel maka akan sulit bagi seseorang untuk mencuri jaringan internet sobat tapi masalah terkait Wi-Fi yakni orang lain bisa mengakses internet sobat memakai koneksi jaringan internet sobat dan bahkan saat sedang berada di luar rumah, kantor, atau di dalam mobil sekalipun. Ini juga bisa disebut dengan membonceng internet dan ini miliki dampak negatif, diantaranya :
  1. Membuat tagihan internet bulanan jadi naik terutama bila membayarnya per byte transfer data.
  2. Kecepatan akses internet jadi turun karena sobat berbagi koneksi internet dengan pengguna lain.
  3. Bisa bahayakan keamanan yang memungkinkan mengakses file pribadi di komputer sobat melalui jaringan Wi-Fi sobat sendiri.
Bagi yang sudah tau mengamankan jaringan internet tentu sangat mudah namun bagi sobat yang belum tau bagaimana caranya admin ada penjelasannya. Jadi sobat bisa mencegah orang lain mencuri internet sekaligus mencegah hacker mengambil kendali dari komputer melalui jaringan Wi-Fi sobat sendiri.
Buka Halaman Pengaturan Router
  • Sobat perlu tahu bagaimana mengakses pengaturan router nirkabel, biasanya bisa dilakukan dengan mengetikkan "192.168.1.1" / "tplinkwifi.net" ke browser web (jika menggunakan perangkat dari TP-Link) kemudian masukkan nama pengguna dan password yang benar untuk router. Ini juga berbeda untuk setiap router, untuk itu periksa dulu manual routernya
Membuat Password Pada Router
  • Jika sudah login ke router sobat maka harus mengubah password bawaan router, ini akan mencegah orang lain mengakses router dan sobat bisa mudah mempertahankan pengaturan keamanan yang diinginkan. Pengguna bisa ubah password dari pengaturan Administrasi pada halaman pengaturan router
Ubah Nama SSID Jaringan 
  • SSID (atau nama jaringan Wi-Fi) dari Wireless Router biasanya memakai nama perangkat. Meski tidak akan membuat jaringan rentan namun mengubah nama SSID jaringan merupakan ide yang baik karena akan membuatnya lebih jelas bagi orang lain untuk mengetahui jaringan mereka terhubung.
Aktifkan Enskripsi Jaringan
  • Guna mencegah komputer lain di daerah memakai koneksi internet sobat maka perlu mengenkripsi sinyal nirkabel. Ada beberapa metode enkripsi untuk pengaturan nirkabel : WEP, WPA, dan WPA2. Enskripsi paling aman adalah WPA2.
Filter Alamat MAC
  • Pada setiap perangkat elektronik khususnya komputer dan gadget miliki MAC address (alamat MAC) yang unik. MAC address ini yang didaftarkan pada perangkat router agar perangkat yang tidak didaftarkan tidak dapat tersambung dengan router.
Begitulah sobat, cara yang dilakukan untuk mengamankan jaringan nirkabel (WiFi) sobat dirumah dari bahaya pencurian internet atau penebeng internet. Semoga bermanfaat bagi sobat ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Mudah Menjaga Keamanan Jaringan Nirkabel



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Mudah Menjaga Keamanan Jaringan Nirkabel "

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |