Beberapa Penyebab Ruam Popok



Selamat pagi sobat Tergaptek, Ruam popok merupakan peradangan atau terjadinya infeksi pada area popok yaitu sekitar bokong, paha, pangkal paha bahkan alat kelamin. Peradangan atau infeksi biasanya terjadi karena beberapa hal. Berikut beberapa penyebab ruam popok pada bayi.

Yang paling sering menyebabkan ruam popok adalah karena kulit terlalu lama terpapar urine dan feses. Urine dan feses merupakan hasil pembuangan dari tubuh mengandung zat amoniak yang dapat menginfeksi kulit bayi apabila dibiarkan terlalu lama dan apalagi jika hal tersebut sering terjadi. Untuk itu ada baiknya bila kita memahami pula seberapa sering bayi buang air kecil maupun buang air besar. Dengan begitu kita bisa menentuan berapa jam sekali bayi harus dibersihkan. Kadang kita juga bisa mengenali bayi buang air besar dan kecil melalui tangisan bayi kita.

Salep Ruam Popok
Salep Mengatasi Ruam Popok
Sering atau tidak penggantian popok juga dapat menyebabkan peradangan. Karena selain dari air kencing atau tinja, keringat juga bisa menjadi penyebab ruam. Jadi meskipun bayi kita tidak memgeluarkan urine atau feses setelah beberapa jam harus popok harus diganti. Hal ini dilakukan supaya keringat yang dikeluarkan tidak mengiritasi kulit bayi.

Pemberian makanan baru bagi bayi biasanya mengubah struktur tinja dan urine. Makanan baru bisa berpengaruh pada zat sisa hasil metabolisme tubuh. Untuk itu sebaiknya segera cuci urine atau tinja bayi sesegera mungkin.

Pemakain kosmetik seperti bedak bisa menyebabkan ruam pada kulit bayi. Maka pilihlah bedak bayi yang benar-benar sesuai dan bisa menjaga kulit bayi dari iritasi. Jika kulit bayi sangat sensitif hindari dulu pemakaian bedak pada bayi.

Pemakaian popok juga berpengaruh pada ruam kulit bayi. Popok yang terlalu ketat akan menyebabkan sirkulasi udara tidak berlangsung dengan baik. Hal ini akan membuat area popok lembab oleh keringat. Selain itu popok yang terlalu ketat bisa membuat kulit bayi lecet karena langsung bersinggungan dengan kulit. Apabila sudah terlanjur terkena ruam popok gunakan popok satu kali ukuran biasa supaya kulit bayi punya ruang untuk bernapas dan tidak bertambah lecet,

Demikian beberapa penyebab ruam pada area popok bayi. Semoga bermanfaat untuk sobat Tergaptek semua yang sudah memiliki anak atau ponakan bayi.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Beberapa Penyebab Ruam Popok



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Beberapa Penyebab Ruam Popok"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |