Resep Nasi Goreng Jawa Spesial



resep nasi goreng
Nasi Goreng Jawa
Nasi goreng adalah makanan khas Indonesia yang mudah dijumpai di penjual kaki lima hingga restoran mewah. Makanan ini cocok disajikan saat sore hari bersama dengan keluarga. Cara memasaknya cukup mudah sehingga siapa saja bisa membuatnya sendiri tanpa harus membeli. Salah satu jenis resep nasi goreng yang nikmat adalah nasi goreng jawa. Nasi goreng jawa terkenal dengan rasanya yang pekat dan lezat. Sama seperti jenis nasi goreng lainnya, nasi goreng jawa ini juga mudah pembuatannya.

Untuk Recipe For Nasi Goreng, Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daging ayam yang sudah diiris kecil-kecil, nasi putih ½ kilogram agar cukup untuk keluarga, telur 2-3 butir,  minyak goreng. Sedangkan bumbu-bumbunya adalah garam sesuai dengan selera, gula pasir 1 sendok makan, kemiri 2 butir (yang sudah disangrai), bawang merah sebanyak 4 siung, bawang putih 2 siung, cabai besar merah 1 biji saja,  cabe keriting 3-4 biji, merica bubuk yang halus, kecap manis secukupnya sesuai selera. Bahan-bahan pelengkapnya adalah sayur kol 3 lembar besar, daun bawang 1 batang, bawang goreng, mentimun yang sudah diiris, acar,  buah tomat yang sudah diiris.

Cara memasaknya yaitu pertama haluskan cabai merah, cabai keriting, bawang merah, bawang putih dan merica hingga benar-benar halus. Panaskan minyak goreng dengan api kecil dan jika sudah panas, masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi sampai tercium aroma harum. Sisihkan bumbu-bumbu tadi ke pinggir wajan lalu masukkan minyak goreng ke wajan yang sama. Masak 2-3 telur ayam dan orak-arik sampai matang . Setelah matang, masukkan nasi putih, gula, dan garam dan aduk dengan bumbu serta telur sampai semuanya campur dengan sempurna. Masukkan kecap manis sesuai dengan selera dan aduk kembali sampai tidak ada nasi yang menggumpal.

Tambahkan irisan daging ayam, bawang goreng dan potongan sayur kol dan aduk kembali sampai semuanya rata. Kemudian cicipi sampai rasanya benar-benar pas. Kalau masih kurang, boleh ditambahkan garam atau kecap manis. Agar lebih enak, tambahkan Royco. Sajikan dalam piring dan berikan irisan tomat, mentimun, acar dan bawang goreng.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Resep Nasi Goreng Jawa Spesial



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Resep Nasi Goreng Jawa Spesial"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |