Menyiapkan Menu Makanan Sehat untuk Anak Sekolah



Makanan sehat
Ilustrasi Makanan Sehat

Anak adalah individu yang sedang mengalami pertumbuhan dengan pesat. Makanan yang dikonsumsinya sangat penting untuk diperhatikan. Khususnya ketika anak sedang sekolah, jangan biarkan dia makan sembarangan. Banyak penjual makanan di luar yang tidak mau rugi dan memakai bahan pengawet, perasa dan penyedap yang tidak sehat. Akibatnya anak bisa sakit dan pertumbuhannya terganggu. Ibu harus mengambil peran dengan menyiapkan bekal menu makanan yang sehat untuk anak. Caranya sangat mudah tetapi dibutuhkan kreativitas supaya anak suka dengan masakan ibu.

Salah satu hal yang dibutuhkan dalam membuat menu makanan sehat adalah sayuran pada makanan anak. Menambahkan sejumlah sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk pertumbuhannya seperti wortel, bayam,  kacang panjang, kentang panggang dan kacang polong. Jangan lupa untuk menambahkan ikan pada bekal si kecil. Berikan saja ikan yang disukai oleh anak-anak seperti ikan tuna. Ikan mengandung asam lemak, omega 3, protein dan  vitamin. Selain ikan, telur juga bisa ditambahkan karena telur merupakan sumber protein . Telur juga baik dikonsumsi oleh anak-anak. 

Roti gandum yang diberi selai kacang, pisang dan strawberry juga bisa digunakan untuk variasi menu. Jangan lupa berikan buah yang mengandung banyak vitamin. Tidak harus yang mahal-mahal, pepaya atau melon yang diiris kecil-kecil bisa digunakan sebagai pelengkap bekalnya ke sekolah. Cegah si kecil mengkonsumsi minuman bersoda dengan memberikan minuman jus buah atau yoghurt. Jika anak termasuk yang suka dengan camilan, berikan ia camilan yang sehat seperti pop corn yang dibuat tanpa tambahan gula dan garam. 

Agar anak tidak bosan, maka cukup variasikan makanan. Misalnya jika ingin anak makan sayur, sebaiknya diolah menjadi capjay yang lezat atau salad. Intinya ibu harus kreatif agar anak tidak lagi tertarik untuk mencoba jajanan di luar. Jika anak menolak menu makanan buatan ibu, ibu juga jangan langsung menyerah, tapi coba lagi sampai anak bersedia makan masakan ibu. Agar masakan lezat, berikan penyedap makanan yang berkualitas yaitu Royco yang tersedia dalam rasa ayam dan sapi.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Menyiapkan Menu Makanan Sehat untuk Anak Sekolah



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Menyiapkan Menu Makanan Sehat untuk Anak Sekolah"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |