4 Akibat Berbahaya Menjemur Pakaian dalam Ruangan



menjemur pakaian dalam ruangan
 
Menjemur pakaian adalah sebuah kegiatan rutin dan penting yang dilakukan banyak orang. Beberapa orang lebih menyukai menjemur dalam ruangan, karena praktis dan juga tidak perlu resah ketika hujan melanda. Hal yang sekilas sepele ini ternyata mempunyai efek yang besar. Menjemur secara indoor punya efek negatif, yang berdampak buruk bagi kesehatan para penghuninya.

Tahukah Anda bahwa penjemuran pakaian yang seperti ini ternyata punya bahaya yang cukup serius? Berikut adalah resikonya:

•    Beracun
Pakaian lembab yang dijemur dalam ruangan kemungkinan ditumbuhi jamur Stachybotryschartarum, sehingga uap yang Anda hirup pun mengandung racun dari jamur ini.
•    Asma
Kelembaban yang meningkat ketika baju basah dijemur di dalam bisa membuat udara tercemar dengan bakteri dan jamur, memicu asma.
•    Penyakit pernapasan
Tidak hanya reaksi alergi yang akan terjadi pada anak-anak, namun juga penyakit seperti bronkitis dan sinusitis.
•    Kanker
Anda tentu menggunakan pelembut pakaian sehabis mencucinya, bukan? Menghirup uap dari pelembut dalam ruangan yang sama terus menerus bisa memicu kanker dalam tubuh.

Ternyata hal sepele seperti ini bisa menjadi sumber masalah sangat serius. Karena itulah, sehabis mencuci baju, jemur dengan tepat. Ya, bahkan menjemur pakaian pun mempunyai caranya sendiri, seperti:

•    Tentu saja, jemurlah pakaian Anda di luar ruangan jika Anda bisa.
•    Tidak perlu langsung kena matahari, cukup diangin-anginkan saja. Kecuali jika baju dari bahan yang menyerap air cukup banyak.
•    Tidak sering menggunakan hanger ketika menjemur, sehingga serat baju dalam pakaian tidak menjadi tertarik dan melar.
•    Balik pakaian sehingga bagian dalam di luar, dan sebaliknya. Berguna terutama untuk mencegah terjadinya kepudaran dalam warna pakaian karena sinar matahari.
•    Tidak perlu menjemur sampai seharian, cukup 3-5 jam saja.

Intinya, menjemur pakaian adalah hal yang terlihat kecil dalam kehidupan sehari-hari Anda, namun mempunyai dampak yang sangat besar jika dilakukan dengan keliru. Jadi ketika Anda bingung kenapa anggota keluarga sering mengalami masalah dengan pernapasan, bisa jadi ini merupakan biang keladi. Jagalah pakaian Anda agar tetap bersih, wangi, dan awet, namun terutama juga jagalah diri Anda sendiri.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: 4 Akibat Berbahaya Menjemur Pakaian dalam Ruangan



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "4 Akibat Berbahaya Menjemur Pakaian dalam Ruangan"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |