Cara Merawat Bayi Baru Lahir Pada Tali Pusat



bayi baru lahir
 
Bayi yang baru lahir pasti akan memiliki tali pusat dan harus dilakukan cara merawat bayi baru lahir pada bagian tersebut diperhatikan kebersihannya agar tidak terjangkit infeksi. Tali pusat merupakan jaringan pengikat yang menghubungkan antara plasenta dengan jenis atau fetus. Fungsinya adalah untuk menjaga kelangsungan hidup atau viabilitas sehingga embrio dan janin akan tetap tumbuh dan berkembang. Setelah bayi lahir, tali pusat akan dijepit dan dipotong lalu akan dibiarkan agar mengering dan putus dengan sendirinya.

Walaupun dibiarkan untuk terpapar udara agar mengering dengan sendirinya, tali pusat merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan dengan teliti dan cermat karena daerah ini mudah untuk terkena infeksi. Berbagai faktor dapat mengakibatkan infeksi diantaranya adalah jika terkena air ketika dimandikan, terkena air kencing. Biasanya, tali pusat akan lepas dengan sendirinya dalam waktu 4-30 hari. Namun pada umumnya dapat lepas sekitar 1-2 minggu.

Cara merawat bayi yang baru lahir untuk bagian tali pusar adalah dengan menggunakan cotton buds atau dengan kasa steril jika pada bagian tersebut secara tidak sengaja terkena air ketika bayi tersebut sedang dimandikan atau Anda sedang menyeka tubuh bayi. Jangan menambahkan ramuan dalam bentuk apapun pada pangkal tali pusat. Selain melakukan perawatan dengan menggunakan produk bayi yang aman misalnya Zwitsal, terdapat cara lainnya.

Cara merawat bayi baru lahir pada bagian tali pusat yaitu :

• Pastikan jika tali pusat dan daerah di sekitarnya selalu higienis dan kering sehingga akan terhindar dari jamur dan infeksi.
• Jaga tali pusat agar tidak terkena kotoran bayi ataupun air kencingnya.
• Untuk mensterilkan tali pusat, siapkan kasa, alkohol 70% atau Anda dapat menggunakan kasa steril beralkohol yang dapat dibeli di apotek. Sterilkan tali pusat dari pangkal ke ujung dan kemudian bungkus dengan menggunakan kasa yang telah dibasahi dengan alkohol dengan rapi. Cara tersebut harus diulang untuk menjaga kesterilan dan menghindari infeksi hingga tali pusat kering dan lepas dengan sendirinya.
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Pada Tali Pusat



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Merawat Bayi Baru Lahir Pada Tali Pusat"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |