Tips Membeli Perangkat iOS Second/Bekas



Salam TerGapteK ... Pagi sobat Gaptek, masih ketemu lagi dengan admin yang akan kembali share informasi menarik seputar teknologi dan tips buat sobat dirumah. Perangkat iOS memang miliki daya tarik tersendiri bagi penggunanya meskipun perangkat iOS terbilang mahal harganya. Selain itu di berbagai forum jual beli online banyak juga dijumpai penjual yang tawarkan perangkat iOS masih baru ataupun sudah bekas alias second.

Seperti halnya iPhone, iPad atau iPod Touch second bisa jadi alternatif bagi konsumen yang ingin memiliki perangkat iOS dengan budget terbatas. Bila tidak memungkinkan membeli perangkat iOS baru, sobat tetap bisa membelinya dalam keadaan second. Namun sobat juga perlu teliti ketika akan membeli smartphone iOS second, berikut ini tipsnya :

- Pastikan Kelengkapan Perangkat

Salah satu hal utama yang diperhatikan adalah pastikan kelengkapan dari perangkat iOS bekas yang akan dibeli. Earpod, charger beserta kabel USBnya adalah 3 hal umum yang wajib. Jangan lupa cek juga apakah ketiganya masih berfungsi dengan baik.

Cek Perangkat iOS
  • Speaker, tombol volume, tombol home button, tombol mute wajib dicek guna pastikan perangkat masih berfungsi. Bila membeli iPhone bekas, coba melakukan panggilan ke nomor tertentu.
  • Bawa selalu sim card yang sesuai dengan perangkat yang akan dibeli guna mencobanya
  • Jangan lupa cek fisik apakah sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan sebelumnya
Activation Lock
Memulai kehadirannya pada iOS 7, Activation Lock merupakan sebuah fitur keamanaan yang ada pada Apple iOS dengan menggunakan akun Apple ID pengguna yang juga terintegrasi dengan iCloud. Activation Lock aktif secara bersamaan ketika pengguna mengaktifkan fitur Find My iPhone atau iPad pada panel iCloud pada aplikasi Settings perangkat iOS. Artinya pengguna yang ingin menonaktifkan Find My iPhone/iPad, menghapus data perangkat, atau mengaktifkan kembali perangkat iOS setelah melakukan proses restore, pengguna akan diminta memasukkan alamat email akun iCloud beserta password-nya.

Bila sobat sebagai konsumen, langkah yang perlu dilakukan yakni memastikan sang penjual telah lakukan sign out akun iCloud yang dimilikinya dari perangkat yang akan dijual. Guna melakukan hal ini, langkah-langkahnya adalah:
  • Masuk Settings >> iCloud >> scroll ke bawah >> pilih tombol “Sign Out” 
  • Pilih “Sign Out” dan tap “Delete From My iPhone” >> masukkan password yang diminta

  • Setelah sign out >> menghapus data yang ada dalam perangkat iOS dengan cara masuk ke Settings >> General >> Reset >> pilih Erase All Contents and Settings.
  • Bila fitur Find My iPhone aktif pada perangkat tersebut maka penjual akan diminta password dari akun iCloud yang ada dalam perangkat yang dijualnya.
  • Jika penjual yang baik, maka hal tersebut tak akan jadi masalah. Namun bila penjual menolak untuk memasukkan password dan menonaktifkan Find My iPhone, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi perangkat iOS itu diperoleh secara illegal.

  • Proses menghapus data dari perangkat iOS bisa berjalan dalam beberapa menit. Setelah perangkat hidup, akan ada proses set-up mulai dari bahasa, negara hingga pengaturan jaringan Wi-Fi.
  • Sebelum masuk ke home screen sobat akan diminta memasukkan Apple ID dan password yang dimiliki. Setelah mengaktifkan perangkat iOS dengan Apple ID sobat maka perangkat iOS aman untuk dimiliki.
  • Namun bila perangkat meminta Apple ID dan password dari pengguna sebelumnya sebaiknya sobat urungkan niat untuk membeli perangkat tersebut.
  • Apple sebenarnya sudah mengeluarkan sebuah halaman situs yang bisa dipakai untuk mengecek status Activation Lock dari sebuah perangkat. Pengguna bisa menuju ke laman Activation Lock dan memasukkan IMEI atau serial number dari perangkat yang akan dibeli. Informasi IMEI bisa dilihat pada bagian belakang setiap perangkat iOS.

  • Jika setelah dicek dan Activation Lock dalam perangkat tersebut aktif akan muncul pesan “the current user’s Apple ID and password will be required before anyone else can activate and use this device”. Kembali lagi jika penjual berniat baik maka melakukan sign out dan menghapus data dalam perangkat tersebut bukan masalah.
  • Bila Activation Lock sudah dinonaktifkan maka perangkat tersebut aman untuk dibeli.

Untuk smartphone iOS berharga murah dan second memang jadi daya tarik bagi calon pembeli namun sobat juga harus hati-hati. Apakah barang tersebut memang milik pribadi yang akan dijual atau barang hasil curian, oke sobat teliti sebelum membeli smartphone apapun ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips Membeli Perangkat iOS Second/Bekas



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Tips Membeli Perangkat iOS Second/Bekas"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |