Cara Membuat Template Email Kustom Untuk Gmail Pada Chrome




Hai sobat GapteK ... Masih ketemu lagi nih dengan admin yang akan senantiasa share informasi menarik seputar teknologi. Taukah sobat bahwa Gmail memiliki fitur yang disebut “Tanggapan kaleng”. Dengan Canned Responses, pengguna dapat mengatur template sehingga tidak perlu mengetik pesan email yang sama berulang-ulang.

Namun masalahnya ada keterbatasan yang bisa sobat lakukan dengan Canned Responses. Pengguna bahkan tak dapat menggunakan cara pintas keyboard atau memasukkan variabel tertentu. Tak perlu khawatir karena ada alternatif yang lebih baik dan sobat bisa menggunakannya selama sobat membuka Gmail di Chrome.
  • Pada browser Chrome, download dan instal “Gorgias – Email templates for Gmail”. Ini merupakan ekstensi browser gratis Gmail.
  • Jika sudah menginstal Gorgias – Email templates for Gmail silahkan klik kanan pada icon yang telah otomatis ditempatkan pada Omnibar browser sobat dan kemudian klik “Options”.
  • Pada tab Options silahkan klik “New template”.
  • - Pada jendela overlay silahkan ketik nama template serta shortcut teks yang ingin dikaitkan ke template. Pada bidang konten silahkan ketik isi dari template, sobat dapat menambahkan variabel sehingga template secara otomatis mengambil nama sobat atau email serta nama dan email penerima.
  • Untuk cara pintas teks, pastikan bahwa itu mudah diingat. Cobtohnya, sobat bisa gunakan kata kunci “HLO” jika pernah template sobat dimulai dengan kata “Hello”. Ingat, kata kunci tersebut hanya akan berfungsi jika menekan tombol “TAB” . Untuk “HLO”, masukkan “HLO + TAB” pada keyboard.
  • Jangan lupa untuk klik “Save template” setelah selesai kemudian pergi ke dashboard Gmail dan tulis pesan baru.
  • Guna memasukkan template yang baru saja dibuat, sobat bisa mengklik tombol Gorgias pada jendela pesan compose atau hanya menggunakan cara pintas keyboard yang terkait dengan email template yang ingin dipakai.

Mudah kan, Template akan secara otomatis dimasukkan ke email dan sobat sudah selesai. Selain itu, pengguna juga bisa memilih untuk menyembunyikan tombol Gorgias pada jendela menulis Gmail.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Membuat Template Email Kustom Untuk Gmail Pada Chrome



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Membuat Template Email Kustom Untuk Gmail Pada Chrome"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |