Tips Menggunakan Fitur iMessage Pada iOS




Salam TerGapteK ... Hai sobatku masih ketemu lagi dengan admin yang akan share informasi seputar teknologi. Bagi pengguna iOS ketika membuka fitur message di iPhone sering melihat ada dua warna gelembung yang berbeda yakni biru dan hijau. Taukah sobat apa itu artinya? Warna biru gelembung pada fitur message adalah penanda iMessage.

Fitur iMessage memang telah ada sejak versi iOS 5. Fitur tersebut memungkinkan pengguna iOS mengirimkan pesan melalui paket data, bukan menggunakan fitur SMS operator. Seperti BBM dan Whatsapp, dengan iMessage pengguna bisa berkirim gambar, video maupun flash file. Namun, iMessage dan SMS pada iPhone tidak dipisahkan dalam dua aplikasi berbeda.

Keduanya disatukan dalam sebuah fitur bernama message. Nah perbedaan ketika mengirimkan iMessage atau bukan, yakni melalui warna yang tadi admin beritaukan sebelumnya yaitu warna biru untuk iMessage dan hijau untuk sms biasa. Lalu bagaimana cara bisa mengirimkan iMessage? Nah ini adalah beberapa hal yang harus dipenuhi.

- Pertama, baik perangkat pengirim atau penerima adalah sama-sama perangkat iOS dan juga Mac. Bila pada iPhone terdaftar di nomor ponsel yang digunakan, atau Apple ID yang digunakan di ponsel tersebut sementara pada iPad dan Mac gunakan Apple ID.
- Ada jalur data, baik di pengirim maupun penerima sama-sama terhubung dengan koneksi data internet.
- Sama-sama aktif, baik di iPhone pengirim maupun penerima, iMessage nya telah diaktifkan.
- Cara mengaktifkan iMessage, silahkan buka Settings >> Messages >> iMessage diaktifkan dengan menggeser switch jadi hijau.

Dalam penggunaan ehari-hari, kadang menemukan si penerima pesan tidak berada pada area dengan koneksi internet yang mumpuni maka saat itu message akan tertahan. Sistem sebenarnya bisa lakukan otomatisasi dengan mengirimkannya sebagai SMS biasa tanpa sepengetahuan kita. Caranya : Buka Settings > Messages > Send As SMS diaktifkan.

Dengan cara ini maka sobat akan butuh pulsa ketika mengirimkan pesan dan pesan berupa gambar ataupun audio tidak akan terkirim.

Bagi yang suka berganti-ganti ponsel, masalah yang ditemukan ketika berhubungan dengan iMessage adalah ketika berganti ponsel dengan platform berbeda seperti Android atau Windows Phone. Sejumlah pesan dari teman yang terbiasa berkirim pesan melalui imessage di iPhone tidak akan sampai ke tangan pengguna ponsel selain iPhone. Padahal mungkin pengirim telah mengaktifkan SMS atau menjumpai gelembungnya berwarna biru.

Ini bisa diakali dengan cara yang mudah yakni hanya perlu menonaktifkan iMessage saat akan berpindah ke platform lain dengan cara masuk ke settings >> Message >> nonaktifkan iMessage. Pastikan juga sobat nonaktifkan iMessage pada perangkat lain bila masalah pesan yang tidak pernah terkirim itu terus terjadi.

Bisa jadi sobat gunakan akun yang sama pada iMessage yang ada pada iPad dan Macbook misalnya. Pada iPad caranya sama dengan di iPhone sedangkan MacBook bisa membuka aplikasi Message lalu di menu bar klik messages >> buka preferences >> hilangkan tanda check mark di samping akun yang sama dengan yang digunakan oleh iPhone.

Dan ketika sobat menjumpa masalah jika ingin menggunakan iMessage namun tidak kunjung terhubung dengan teman atau Macbook maka hanya perlu mencoba mengkombinasikan nomor ponsel yang ada iPhone dengan Apple ID sobat. Carany : Buka Settings >> Messages >> Send & Receive. Nah sobat bisa menentukan nomor ponsel dan email (akun Apple ID) yang bisa dihubungi serta yang dipakai untuk mengirimkan pesan.

Mudah kan?
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips Menggunakan Fitur iMessage Pada iOS



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to " Tips Menggunakan Fitur iMessage Pada iOS "

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |