Cara Sembunyikan Folder Pada Galeri Android




Salam TerGapteK ... Hai sobat masih ketemu lagi dengan admin yang senantiasa share informasi menarik seputar Android. Pada beberapa perangkat Android akan memindai semua folder media yang kemudian tampilkan semua foto dan gambar kecil yang dipindai ke galeri media. Ini bisa jadi masalah bila sobat memiliki media folder yang hanya berisi thumbnail atau stiker dari aplikasi tertentu. Dimana tidak seharusnya muncul pada galeri tapi justru ada dan pastinya akan membuat jengkel.

Jika sudah begitu maka sobat memilih untuk menyembunyikan folder tersebut yang tak diinginkan bukan? Lalu bagaimana caranya, silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini!

- Bila perangkat sobat tak memiliki file manager yang layak, sobat bisa download AntTek File Explorer atau File Manager (Explorer) di Play Store
- Lalu masuk ke galeri media dan buka salah satu folder yang ingin disembunyikan >> pilih gambar kemudian lihat  “Detail” atau “Properties” >> Catat path file (Path file merupakan tempat dimana sobat bisa temukan lokasi sebenarnya folder yang tidak diinginkan tersebut dalam direktori file sobat)
- Buka aplikasi file manager >> masuk ke path file yang ditunjukkan. Sebagai contoh, bila folder yang tidak diinginkan yang akan disembunyikan terletak di bawah folder DCIM maka pergi ke / storage / sdcard / DCIM kemudian mencari folder tersebut.
- Buka folder  >> kemudian akses foto-foto tersebut. Menemukan gambar tidak relevan seperti thumbnail atau gambar duplikat  kemudian mengubah nama gambar itu untuk “.nomedia”.
- Bila ingin, sobat juga bisa membuat file teks dan menyimpan file teks di bawah folder yang ingin disembunyikan >> pastikan untuk mengganti nama file teks ke “.nomedia”.
- Jadi, kembali ke galeri media dan sobat bisa segera melihat bahwa folder yang ingin disembunyikan sudah hilang.
- Sementara masih ada dalam perangkat penyimpanan sobat, itu tidak akan muncul lagi dalam galeri media

Mudah kan, silahkan langsung saja sobat praktekkan pada perangkat Android sobat dan semoga berhasil ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Sembunyikan Folder Pada Galeri Android



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Sembunyikan Folder Pada Galeri Android"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |