Cara Memblokir Situs Tanpa Aplikasi Pada Windows 7



Hai sobatku masih ketemu dengan admin yang senantiasa menjumpai sobat dengan informasi menarik. Pemblokiran situs tertentu pasti juga banyak dilakukan sebagain orang, biasanya karena situs mengandung konten berbahaya yang tak boleh dilihat oleh anak-anak.

Guna memblokir situs-situs berbahaya biasanya dilakukan menggunakan aplikasi, namun kali ini admin akan berikan tips tanpa menggunakan aplikasi. Cara ini bisa diubah sesuai keinginan, bersifat permanen dan tak perlu mengunduh serta memasang aplikasi terlebih dulu.

- Pertama silahkan buka folder C:\Windows\System32\drivers\etc\
- Jika ingin cara yang lebih cepat silahkan klik tombol Start dan salin direktori di atas ke form pencarian, ketika muncul beberapa file seperti di dalam gambar ini silahkan klik kanan pada hosts dan klik Open. Alternatif lainnya dengan menekan tombol Windows + R lalu salin direktori C:\Windows\System32\drivers\etc\ dan tekan enter.
 

- Karena file tersebut bukan file biasa maka sistem meminta sobat pilih program yang dipakai untuk membukanya, maka dari itu pilih Notepad >> klik OK.
 

- Ini dia file hostsnya, pada bagian paling bawah akan temukan # ::1 localhost. Tambahkan baris baru dengan cara menekan enter sekali lalu ketikkan 127.0.0.1 [spasi] alamat situs yang ingin diblokir. Admin sudah tambahkan dua contoh yang dapat dilihat di gambar di bawah ini.
 

- Tekan ctrl + S atau klik File – Save untuk menyimpan perubahan tersebut. 
 
Namun bagaimana jika tiba-tiba tidak bisa menyimpan perubahan dan ada pesan begini?
 

- Tidak perlu panik, berarti harus membuat file baru. Caranya klik File – Save As.
 

- Saat jendela penyimpanan tampil, beri nama hosts >> klik Save as type >> ubah ke All Files >> terakhir klik Save. Harap ingat lokasi folder tempat menyimpan file hosts baru ini.
 

- Buka folder dimana sobat menyimpan file hosts baru lalu salin file tersebut dengan cara menekan ctrl + C. Jika sudah sekarang tekan Windows + R >> salin direktori ini C:\Windows\System32\drivers\etc\ dan tekan enter. Jendela Windows Explorer yang menampilkan konten folder etc akan terbuka dengan sendirinya. Di sinilah sobat salin file hosts yang tadi dibuat, tekan saja ctrl + V >> Klik OK jika ada popup pemberitahuan untuk me-replace file hosts.

Selesai, sekarang sobat sudah berhasil memblokir situs tanpa aplikasi sama sekali. Mudah kan? Silahkan sobat coba di Windows sobat!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Memblokir Situs Tanpa Aplikasi Pada Windows 7



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Memblokir Situs Tanpa Aplikasi Pada Windows 7"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |