Tips dan Trik Penggunaan ‘Dock’ Pada Perangkat Mac




Pagi sobat gaptek, jumpa lagi dengan admin yang akan share informasi menarik seputar teknologi. Apakah sobat dirumah pengguna perangkat Mac, nah pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya Dock. Dock merupakan fitur Mac yang jadi tempat bagi pengguna untuk menaruh aplikasi yang sering dipakai.

Tidak hanya aplikasi saja namun folder juga bisa diletakan pada Dock guna mempermudah akses ke sebuah file tertentu. Untuk itu admin akan berbagi info seputar penggunaan Dock pada Mac.

Letak Dock terdapat pada layar bagian bawah, namun jika sobat bosan maka Anda bisa mengubahnya jadi di sisi kiri, kanan atau bawah layar yakni dengan cara :
- Buka System Preferences >> Dock
- Guna mengubah posisi Dock silahkan pilih salah satu pilihan dari “Position On Screen” dan posisi Dock secara otomatis berpindah.


Jika sobat ingin cepat menambahkan sebuah aplikasi pada Dock, yang biasanya dilakukan dengan cara drag n drop maka dengan kombinasi tombol Control+Shift+Command+T sobat sudah bisa tambahkan aplikasi ke Dock. Dari Folder – Applications pilih salah salah satu aplikasi yang akan ditambahkan ke Dock dan silahkan pencet Control+Shift+Command+T.

Tips lainnya yakni navigasi antar aplikasi yang ada dalam Dock dengan menggunakan keyboard shortcut. Berikut ini ada beberapa kombinasi tombol keyboard yang perlu sobat diketahui:
- Control+Function+F3 : Untuk mengaktifkan navigasi keyboard pada Dock. Kombinasi tombol ini selalu diperlukan guna mengaktifkan navigasi dan sebelum menekan tombol-tombol di bawah ini.
- Tombol Panah Kanan/Kiri : Untuk navigasi antar aplikasi atau folder yang ada pada Dock
- Tombol Return : Untuk membuka sebuah aplikasi yang dipilih atau menggunakan tombol huruf pertama dari aplikasi yang akan dibuka.
- Tombol Command+Return : Untuk membuka lokasi folder atau aplikasi terpilih pada Finder
- Tombol Command+Option+Return : Untuk sembunyikan semua jendela aplikasi yang terbuka, terkecuali jendela aplikasi yang sedang dipilih.
- Tekan dan tahan tombol Option pada sebuah aplikasi dan tombol panah ke atas untuk mengakses menu Force Quit.


Gimana sobat, sudah tau kan? Jadi kombinasi tombol pada keyboard jauh lebih cepat daripada harus menggeser-geser mouse ataupun memakai trackpad. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menambah wawawasan!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips dan Trik Penggunaan ‘Dock’ Pada Perangkat Mac



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to " Tips dan Trik Penggunaan ‘Dock’ Pada Perangkat Mac"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |