Cara Membuat Blog Gratis di WordPress



Salam TerGapteK ... Masih ketemu lagi dengan admin yang akan kembali share informasi menarik seputar tekno, dan pagi ini admin akan berikan tips membuat blog. Bagi yang suka ngeblog tentu sudah tak asing dengan WordPress.

WordPress adalah salah satu layanan blog gratis yang paling populer selain blog platform Blogspot milik Google atau Tumblr milik Yahoo. Nah memang kesukaan orang berbeda, ada yang suka menggunakan blogspot dan ada pula yang suka memakai Wordpress. Dikesempatan ini admin akan share cara membuat blog dengan menggunakan WordPress.

- Copy alamat URL ini: www.wordpress.com ke peramban sobat atau langsung klik ini. Bila sudah sampai pada halaman depan WordPress klik Buat Situs Web.
 

- Silahkan isi formulir pendaftaran, di bagian Alamat Blog isikan dengan nama blog yang diinginkan kemudian di bagian paling bawah klik Buat Blog.
 

- Sebelum melanjutkan langkah di bawah ini, buka tab baru dan login ke alamat email yang dipergunakan untuk mendaftar kemudian lakukan konfirmasi pada pesan baru dari WordPress terkait pendaftaran tadi
- Jika sudah melakukan konfirmasi, kembali ke tab sebelumnya dan isi judul blog dan deskripsi singkat serta bahasa utama yang diinginkan untuk interface dashboard dan sebagainya. Bila sudah klik langkah berikutnya.
 

- Di sini sobat diminta memilih tema sebagai tampilan utama blog, scroll untuk pilihan lainnya. Klik yang kira-kira cocok lalu klik langkah berikutnya.
 

- Pengguna boleh langsung menyesuaikan desain dengan mengklik sesuaikan atau nanti saja dengan mengklik langkah berikutnya
 

- Hubungkan blog ke akun jejaring sosial bila diinginkan, jika tidak langsung saja ke langkah berikutnya.
 

- Selesai, maka sobat akan dihantarkan ke halaman posting. Tetapi ini nanti dulu, jangan posting dulu karena lebih baik fokus ke pemahaman interface dan juga dashboard. Untuk itu klik saja situs-situsku di menu sebelah kiri atas.
 

- Di halaman tersebut akan ada lihat situs, admin WP, statistik dan lain-lain. Ini adalah panel utama WordPress bukan panel blog. Pada halaman ini  berkumpulnya semua blog bila koleksi blog sobat sudah lebih dari satu. Sekarang klik Admin WP, diinformasikan bahwa Admin WP adalah pintu masuk ke dashboard utama blog yang baru saja dibuat tadi.
- Seperti ini bentuknya. Di sinilah pengguna akan banyak menghabiskan waktu, apakah itu untuk menulis, memilih tema, membuat menu, mengatur widget, footer, dan sebagainya. Di sebelah kiri ada berbagai menu yang dapat diakses, semuanya bertujuan untuk mengatur blog serta silahkan coba kenali dan pahami satu per satu.
 

- Menu Post berisikan koleksi artikel yang pernah ditulis, termasuk di sub menu-nya ada halaman untuk membuat artikel baru, kategori dan tags.

Mudah kan? Nah jika sobat suka menulis bisa tuh coba buat blog. Selain mengasyikkan, bisa juga dijadikan ladang mencari uang lho!! Hhehe, silahkan dicoba sobat!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Membuat Blog Gratis di WordPress



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to " Cara Membuat Blog Gratis di WordPress"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |