Tips Mengelola File Secara Otomatis Pada Mac Dengan Hazel



Salam TerGapteK ... Masih ketemu lagi dengan admin yang akan kembali share informasi seputar tips teknologi, dan pada kesempatan pagi ini admin akan share cara kelola file pada Mac.

Bagi pengguna Mac terkadang kelola file jadi hal yang membosankan, nah untuk itu sobat perlu mencoba menggunakan aplikasi yakni bernama aplikasi HAZEL.
 
Aplikasi Hazel seperti asisten pribadi yang bisa menata setiap files yang tersimpan dalam perangkat Mac, secara otomatis memberi tag pada files sesuai asalnya, jenis, atau keterangan lain.

Adanya fitur App Sweep mampu bersihkan seluruh aplikasi yang di uninstall dari Mac, saat aplikasi di-uninstall akan ada beberapa file pendukung yang tertinggal maka menggunakan aplikasi Hazel ini semua file pendukung akan turut dihapus.

Lebih lagi, pengguna takkan menyadari kerja dari Hazel, pasalnya Hazel tak memiliki jendela aplikasi melainkan terintegrasi dengan System Preferences yang ada di Mac dan hanya menampilkan sebuah ikon pada status bar.

Sebagai contoh, admin memiliki folder bernama Screenshots, folder berisi screenshots sebagai bahan pendukung artikel tutorial. Hazel akan hapus screenshot yang telah diupload dan diberi tag berwarna merah serta berumur lebih dari seminggu dari tanggal dibuatnya.

- Buka System Preferences >> Hazel
 
- Dari tab Folder pada Hazel, klik tombol ‘+’ pada folder dan silahkan pilih folder Screenshot dimana rules dari Hazel akan dipakai
 

- Setelah folder Screenshot ada pada daftar Hazel, tambahkan rules yang akan dipakai di folder Screenshots dengan tombol ‘+’ di sebelah kanan daftar folder.
 
- Kemudian buat rules seperti yang diinginkan sesuai yang sudah dituliskan di atas, dimana screenshots dengan tag merah serta lebih dari seminggu setelah tanggal dibuat akan dihapus dan hasilnya seperti screenshot di bawah ini.
 

- Silahkan klik OK, maka kini setiap screenshot yang memiliki kriteria di atas akan dihapus oleh Hazel secara otomatis.

Ada banyak pilihan variable untuk membuat rules di Hazel dan batasnya ialah kreativitas penggunanya sendiri. Hazel tawarkan otomatisasi dalam mengatur files di Mac sehingga pengguna lebih bisa fokus kerjakan hal yang lebih penting.

Mudah kan? Silahkan sobat coba sendiri pada perangkat Mac sobat dan semoga berhasil ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips Mengelola File Secara Otomatis Pada Mac Dengan Hazel



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Tips Mengelola File Secara Otomatis Pada Mac Dengan Hazel"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |