Ketahui Apa Itu Bootloop Android Dan Cara Mengatasinya!



 
Salam TerGapteK ... Masih ketemu lagi dengan admin tergaptek yang akan senantiasa memberikan informasi menarik seputar teknologi dan lain-lain. Perangkat Android memang bisa dibilang sangat populer dikalangan gadget, selain mudah pengoperasiannya, OS Android juga bisa kita rombak sesuka hati asal sudah diroot. 
 
Nah bagi sobat pengguna Android pastinya sudah pernah mengdengar yang namanya Bootloop, Bootloop  merupakan masalah pada piranti lunak Android dimana akan muncul tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, perangkat biasanya hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang. Jika sudah begitu biasanya pengguna Android akan bingung bagaimana mengatasinya dan pasti akan segera membawa perangkat mereka ke tempa service. Sebenarnya sobat bisa mengatasinya sendiri tanpa bantuan orang lain apalagi tukang service. 
 
Pelu diketahui bahwa Bootloop ada dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya. Pertama light bootloop atau bootloop ringan, biasanya bootloop ini hanya bersifat sementara atau hanya kadang-kadang dan untuk yang kedua adalah hard bootloop atau bootloop parah yang ditandai adanya kegagalan masuk ke sistem secara permanen meski telah dicoba berulang kali.

* Cara Mengatasi Bootloop Ringan
Matikan perangkat sobat lalu lanjutkan dengan cabut memori, kartu dan baterai. Diamkan selama 30 menit hingga 24 jam kemudian pasang dan hidupkan kembali. Silahkan amati, bila masalah bootloop masih terjadi maka lanjutkan ke solusi kedua.

* Cara Mengatasi Bootloop Parah

Untuk mengatasi bootloop yang parah perlu kembali ke pengaturan pabik atau factory reset. Nah jika ponsel gagal booting maka harus masuk ke Recovery Mode yakni dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan. Perlu diketahui bahwa cara Recovery Mode pada setiap merk berbeda-beda, berikut ini beberapa merk yang diketahui :

- Samsung
Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power
Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power

- HTC
Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan sampai muncul recovery mode)

- HUAWEI
tombol Power + volume up + Tombol Power


- LG
tombol Home + Volume Up + Power


- Andromax
tombol Home + Volume Up + Power


- ADVAN VANROID
Power + Tekan Volume Down hingga keluar gambar Android dan tanda segitiga lalu tekan tombol Home

- CROSS
Power + Volume DOWN


Nah silahkan sobat coba cara diatas sesuai dengan merk gadget sobat dan bila berhasil maka sobat akan melihat gambar seperti dibawah ini! Gunakan tombol volume untuk gerakkan kursor dan tombol Power guna mengesekusi. Mulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/factory reset dan tekan tombol power. 
 
Lalu arahkan kembali kursor ke Yes — delete all user data dan tekan tombol power. Perangkat akan memproses permintaan reset yang diminta. Ada beberapa perangkat ada yang langsung restart namun ada pula beberapa lainnya yang hanya memberi informasi selesai. 
 
 
 Bila perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power. 
 
 
Bila setelah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem maka silahkan sobat atur kembali settingan gadget sobat. Semoga informasi diatas bermanfaat ya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Ketahui Apa Itu Bootloop Android Dan Cara Mengatasinya!



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Ketahui Apa Itu Bootloop Android Dan Cara Mengatasinya!"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |