Cara Membuat Linux Live Pada USB Flashdisk




Salam TerGapteK ... Jumpa lagi dengan admin tergaptek yang akan share informasi-informasi menarik seputar teknologi dll. Seperti yang kita tau bahwa sistem operasi Linux semakin mudah digunakan sehingga pengguna tak lagi harus mengingat semua perintah yang harus ditulis dalam bentuk barisan teks karena antarmuka TUI (text user interface) sudah digantikan oleh antarmuka GUI (graphical user interface) yang lebih baik.

Terdapat berbagai macam varian distro Linux, hampir semua distro bisa diperoleh secara gratis. Pengguna hanya perlu akses Internet maka sudah bisa unduh file .iso Linux yang kemudian di-burning keCD/DVD atau dijalankan langsung dari perangkat USB Drive (flashdisk) dan langsung dijalankan dari media tersebut tanpa harus memasangnya secara permanen di harddisk atau biasa disebut Linux Live.

Nah, pada kesempatan hari ini admin akan share cara menjalankan Linux Live pada USB flashdisk karena dirasa lebih mudah dan sistem operasi Linux tersebut akan bisa dibawa-bawa dan bisa dipakai pada komputer mana saja asal komputer bisa melakukan proses booting melalui USB port.

Langsung saja kita simak caranya, dan siapkan yang perlu disiapkan dibawah ini!

- Sobat perlu file .iso dari salah satu distro Linux yang ada, maka admin akan berikan distro Linux Mint yang bisa diunduh melalui situs LinuxMint. Untuk distro lainnya sobat bisa unduh melalui situs masing-masing distro atau melalui situs DistroWatch atau situs Pendrive Linux.
- Silahkan unduh aplikasi Universal USB Installer pada situs Pendrive Linux.
- Siapkan USB Flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 2GB.


Langkah-langkah untuk membuat Linux Live:

- Jalankan aplikasi Universal USB Installer kemudian pilih Allow bila muncul dialog box yang menanyakan bahwa aplikasi tersebut harus dijalankan dengan mode Andministrator.
- Dialog box License Agreements dari aplikasi Live USB Installer akan muncul, silahkan klik tombol I Agree.
 

- Langkah selanjutnya, pengguna diharuskan pilih file distro Linux apa yang akan digunakan maka pilihlah sesuai distro Linux yang ada. Bila distro yang digunakan tidak ada dalam daftar, pengguna bisa memilih opsi Try Unlisted Linux ISO yang ada pada pilihan paling bawah.
 

- Masuk ke bagian pencarian file .iso yang akan diinstall dengan memilih tombol browse, arahkan ke file .iso yang telah sobat unduh tadi.
- Pilih lokasi USB yang dipakai (default-nya, bagian ini akan mengarahkan pengguna pada lokasi USB yang telah terpasang). Bila tidak yakin, pengguna bisa centang pilihan Show All Drives (hati-hati bila memilih bagian ini karena semua drive yang ada akan ditampilkan termasuk harddisk, bila salah memilih drive yang salah maka isi harddisk akan tertimpa).
 

- Akan terdapat opsi ‘Set a Persistent file size for storing changes (Optional), silahkan geser bagian ini bila sobat ingin gunakan ruang yang ada pada USB untuk simpan file dan perubahan pada Linux Live yang digunakan.
 

- Bila telah selesai klik tombol Create dan tunggu hingga proses selesai. Proses ini sedikit memakan waktu, tunggu hingga layar tampilkan tulisan ‘Installation Complete!’

Guna menjalankan Linux Live USB yang baru saja dibuat, begini caranya!

- Pasang USB ke slot USB yang tersedia.
- Masuk ke BIOS di PC/Laptop dan pastikan system untuk melakukan booting dari USB kemudian simpan perubahan tersebut.
- Booting komputer serta tunggu dan lihat instruksi pada layar.
- Pilih Start Linux Mint (paling atas)
 

- Linux Mint Live siap digunakan


Mudah kan? Silahkan sobat praktekkan sendiri dirumah, semoga sajian informasi diatas bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat semuanya!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Membuat Linux Live Pada USB Flashdisk



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Membuat Linux Live Pada USB Flashdisk"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |