Cara Backup dan Restore SMS Pada Android




Salam TerGapteK .... Bagi sobat yang menggunakan perangkat berOS Android KitKat pastinya akan mengalami perubahan pada penggunaan Google Hangouts, fitur ini merupakan lalu lintas pesan SMS dan MMS.

Penggunaan Google Hangout tak membuat seluruh SMS dan MMS ter-backup ke server Google dibawah akun GMail masing-masing pengguna. Bisa dibaca pada halaman dukungan Google, pesan teks yang ada pada Hangout tak akan diunggah atau di-backup oleh Google sehingga bila login dengan akun GMail dari perangkat lain maka pesan teks tak akan tertampil.

Nah supaya pesan teks bisa dipindahkan ke ponsel atau tablet Android yang baru, berikut admin berikan caranya!

Backup ke GMail

- Aktifkan pengaturan IMAP di akun GMail, beri tanda centang di samping kotak Aktifkan IMAP/Enable IMAP dan tekan simpan perubahan atau save changes.
- Silakan instal aplikasi SMS Backup+ dari Play Store. Pastikan akun GMail pada Android gunakan akun yang sama dengan akun GMail yang digunakan pada langkah pertama tadi.
- Akan ada tampilan seperti pada gambar. Beri tanda centang pada kotak di sebelah Connect.
 

- Pilih akun GMail yang ingin digunakan sebagai tempat backup.
- Beri persetujuan untuk memberi izin SMS Backup + untuk melihat dan mengelola akun GMail dengan tekan OK. Maka akan diminta untuk memilih akun GMail seperti pada langkah 4.
- Jika selesai memilih, SMS Backup+ akan bertanya kepada pengguna apakah akan membackup SMS. Agar SMS Backup+ bisa bekerja dengan normal, disarankan untuk pilih Backup saat pertama kali menginstal aplikasi ini.
- Untuk kembalikan SMS cukup instal aplikasi yang sama. Ulangi langkah 2-5 dan lewati langkah 6 dengan pilih skip dan lanjutkan tekan restore.
- Meski bisa lakukan backup pada perangkat dengan sistem operasi Android KitKat, namun pengguna tak akan bisa lakukan restore SMS dengan cara diatas. Maka dari itu sobat bisa gunakan aplikasi Super Backup: SMS & Contacts.
- Sebelum backup silakan tentukan lokasi penyimpanan backup. Bila ponsel miliki slot kartu microSD silakan pilih memori eksternal sebagai lokasi default backup.
- Pilih SMS Backup dan lanjutkan dengan Backup. Bila ingin melakukan backup sms dalam bentuk threaded messages seperti tampilan pesan SMS Android, maka bisa memilih Backup Conversation.
- Semua pesan SMS akan dibackup ke dalam folder yang telah ditentukan dalam bentuk file berformat .xml.
- Untuk kembalikan pesan SMS ke perangkat baru, maka harus pindahkan lebih dulu file xml tersebut ke memori perangkat tersebut. Bila ingin mereset ponsel jangan lupa copy dulu file xml ke kartu microSD.
- Setelah instal Super Backup: SMS & Restore pada perangkat baru, silakan masuk ke SMS Backup dan jalankan restore. Lalu pilih file xml yang dipakai sebagai file backup dan pesan sms akan secara otomatis tampil.

Semoga sajian informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan!
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Backup dan Restore SMS Pada Android



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Backup dan Restore SMS Pada Android"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |