Memperingati 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila




Salam TerGapteK ...    Seperti yang kita tau bahwa pada hari ini 1 Oktober merupakan hari peringatan Kesaktian Pancasila, setelah kemarin pada 30 September kita memperingati G30S.

Bagi lingkungan pelajar pastilah tau kenapa Indonesia memperingati hari itu. Namun ada juga sebagian yang belum paham tentang 30 September dan 1 Oktober. Untuk itu sedikit informasi mengenai peringatan Kesaktian Pancasila.

Pemerintah era Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila, ini berawal dari insiden pada 30 September 1965.

Dkutip dari Wikipedia, insiden ini memang masih jadi perdebatan dilingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya.

Tetapi otoritas militer dan kelompok reliji terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI untuk mengubah unsur Pancasila jadi ideologi komunis.

Di hari itu, 6 jenderal dan satu kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta dan pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia.

Kemudian Pemerintah Orde Baru menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S) atau biasa disebut G30SPKI dan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Semoga Indonesia semakin kuat dalam menjaga persatuan dan kesatuan ...
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Memperingati 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Memperingati 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |