Waspada, Bug Shellshock Mulai Hantui Pengguna Internet!




Salam TerGapteK ... Beberapa bulan lalu dunia internet kembali diberitakan untuk waspada terhadap Heartbleed yang bisa menyerang pada pengguna internet di dunia. Dan kini telah bereda bug komputer terbaru yakni Shellshock.

Peringatkan dari para ahli keamanan kepada pengguna internet di dunia bahwa bug ini bisa memberikan ancaman yang serius dan bahkan sebuah analis mengungkapkan Shellshock bisa lebih berbahaya dari Heartbleed. Shellshock dikenal sebagai bug yang memanfaatkan kelemahan di OpenSSL dimana memungkinkan hacker mengambil alih sebuah situs.

Melalui National Vulnerability Database, Pemerintah AS menilai Shellshock sebagai bug yang sangat berbahaya. Regulator keuangan Amerika Serikat menyarankan perbankan setempat untuk segera memperbaiki software yang mereka pakai agar tak terjangkit Shellshock.

* Celah coding di Bash
Dikutip dari Reuters, Shellshock dianggap sebagai ancaman baru dunia internet yang memiliki potensi sangat berbahaya.  Shellshock ialah celah coding di aplikasi software Bash, yang membuat komputer rentan terhadap serangan hacker.

Menurut Guardian, Bash sendiri singkatan dari Bourne Again Shell, merupakan shell yang paling umum dipakai pengguna Linux. Shell merupakan program yang jadi jembatan antara perintah yang dimasukkan user melalui input dari keyboard dengan sistem operasi untuk melakukan perintah yang dimasukkan user.

Bagi pengguna Mac OS X bisa menjalankannya dengan membuka Terminal, seperti pengguna sistem operasi Linux dengan mesin yang sama. Linux dan Mac OS X sebagian besar adalah turunan dari OS Unix yang terbagi dari beberapa fitur.


* Merusak Data dan Jaringan
Hacker dapat mengeksploitasi celah coding dan mengambil alih komputer untuk merusak data, mematikan jaringan, melakukan serangan pada website dan sebagainya melalui Shellshock. Dikhawatirkan Shellshock akan mengancam dunia perbankan.

FFIEC mengatakan bahwa pihak bank harus mengidentifikasi semua sistem yang memakai Bash, dan melakukan update yang dibutuhkan. Jika perlu, periksa penggunaan software dari pihak ketiga.

Shellshock dianggap masalah serius, dimana memungkinkan jutaan server rentan diserang hacker. Serangan diperkirakan semakin meningkat karena coding yang dipakai untuk mengeksploitasi bug Shellshock telah tersebar luas.

Oke sobat semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat! Salam TerGapteK ...
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Waspada, Bug Shellshock Mulai Hantui Pengguna Internet!



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Waspada, Bug Shellshock Mulai Hantui Pengguna Internet! "

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |