Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone dengan Google Chrome



Salam TerGapteK ... Tentu hal tidak mengenakan jika saja saat browsing menggunakan interent tiba-tiba ada pemberitahuan jika kuota paket habis atau sedang mendownload file yang tiba-tiba jadi berhenti. Pastilah sobat akan merasa jengkel padahal kuota baru beberapa hari digunakan namun cepat habis.

Yang menyebabkan kuota internet cepat habis yakni membuka situs yang interaktif yang biasanya memakai flash sehingga data yang diakses semakin meningkat. Website yang memiliki tampilan bagus dan menarik justru sulit di akses karena terlalu berat. Mengaktifkan windows update juga akan membuat kuota internet cepat habis atau penggunaan streaming video youtube.

Google sediakan fasilitas kompresi atau pemampatan pada web browser google chrome yang berguna menekan jumlah data yang dipakai ketika akses hingga mencapai 50%. Penggunaan fitur kompresi ini hanya berlaku untuk google chrome pada smartphone seperti iOS dan Android.

Berjalan dengan menggabungkan kompresi gambar dengan proses pada proxy karena halaman internet yang diakses akan menuju server proxy Google terlebih dahulu. Untuk gambar pada halaman tersebut berubah dari JPEG atau PNG jadi WebP. WebP merupakan format gambar buatan Google yang bisa menampilkan gambar dengan kualitas sebanding dengan JPEG maupun PNG tapi dengan ukuran yang kecil. Bila seluruh gambar berformat WebP, maka jumlah data halaman website jadi lebih kecil.

Cara mengaktifkan fitur kompresi :
- Pergunakan Google Chrome versi baru atau lakukan update
- Klik pada Setting --> Bandwidth Management
- Pada opsi Reduce data usage --> setting menjadi On

Mudah sekali bukan? Silahkan sobat coba pada smartphone sobat dan nikmati hemat kuota internet ... - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone dengan Google Chrome



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to " Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone dengan Google Chrome"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |