Cara Mengembalikan File & Foto Yang Terhapus Pada Kartu Memori



 Salam TerGapteK ... Setiap orang yang memiliki smartphone pasti juga memiliki data penting seperti file atau pun foto. Data penting tersebut haruslah disimpan dengan baik dan jangan sampai terhapus, bagaimana jika data tersebut terhapus?

Mungkin saja kan ketika kita tidak sengaja menghapus data-data penting dalam smartphone, bagaimana cara mengembalikan fiel tersebut? Berikut ini admin berikan sedikit tips mengembalikan file atau foto yang terhapus dalam kartu memori smartphone. Selain itu tips ini juga bisa kembalikan file foto yang terhapus pada kartu memori kamera digital.

Sebelum melakukan langkah-langkahnya, lakukan persiapan dibawah ini :
1. Laptop atau PC
2. Pembaca kartu memori (SD card reader). Bila card reader tak ada selot khusus microSD maka sobat perlu microSD to SD Card adapter.
3. Unduh aplikasi data recovery Recuva dari laman resmi Piriform.

Lakukan langkah dibawah ini :
1. Instal aplikasi Recuva pada laptop atau PC
2. Colokkan kartu memori microSD sobat pada card reader.
3. Jika kartu memori sudah terbaca pada laptop atau PC lalu jalankan aplikasi Recuva.
4. Ketika aplikasi terbuka, --> klik tombol Next pada recuva --> sobat akan sampai pada halaman seperti di bawah ini!

 5. Pilih jenis file yang ingin dikembalikan --> klik Next.
6. Berikutnya, sobat akan melihat pilihan lokasi penyimpanan data seperti di bawah ini.


7. Klik pilihan In a specific location -- > klik browse --> pilih kartu memori
8. Setelah menemukan dan memilih lokasi kartu memori maka Recuva siap mencari file yang terhapus.


9. Pastikan sobat centang pilihan Enable Deep Scan, dengan mencentang pilihan ini maka Recuva akan mencari lebih dalam untuk mencegah adanya file yang tak terpindai oleh aplikasi --> klik Next.
10. Tunggulah hingga proses pencarian selesai dan pilih file yang akan dikembalikan --> selesai.

Aplikasi data recovery Recuva bisa menemukan kembali data atau file yang tak sengaja terhapus pada kartu memori smartphone Android tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Aplikasi ini selain berjalan di sistem operasi Android, sobat juga bisa memanfaatkan Recuva untuk kartu memori dengan OS lain seperti Windows Phone.

Tak hanya bisa untuk kartu memori microSD tapi juga bisa digunakan untuk mengembalikan data yang terhapus pada berbagai media penyimpanan seperti USB FlashDrive hingga HardDrive. Perlu diingat bahwa aplikasi Recuva ini hanya bisa mencari file yang hilang pada media penyimpanan dengan memiliki format FAT32, NTFS atau format serupa lainnya seperti EXT3 atau EXT4.

Jika tau mau kehilang file penting ada baiknya selalu membackup data-data penting sehingga ketika hilang sobat masih memiliki cadangannya ....Semoga bermanfaat :) - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Mengembalikan File & Foto Yang Terhapus Pada Kartu Memori



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Mengembalikan File & Foto Yang Terhapus Pada Kartu Memori"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |