BlackBerry Perbarui Keamanan Aplikasi BBM Terkait Adanya Ancaman "Heartbleed"




Salam tergaptek...Seperti yang kita tau beberapa waktu lalu saat ini dunia teknologi baru diramaikan dengan pemberitaan mengenai 'Heartbleed'. Banyak perusahaan teknologi waspada terhadap ancaman Heartbleed, begitu juga perusahaan BlackBerry.

BlackBerry berencana rilis pembaruan keamanan untuk software aplikasi olah pesan miliknya, BlackBery Messanger (BBM) pada OS Android dan iOS. Ini bertujuan untuk mengatasi kerentanan terkait dengan Heartbleed.

Senior Vice President BlackBerry, Scott Totzke, menjelaskan bahwa meski produk-produk BlackBerry gunakan software yang aman, perusahaan tetap harus memperbarui 2 produk yang banyak digunakan yaitu email corporate Secure Work Space dan BBM untuk Android dan iOS.

Pihaknya mengklaim hacker akan sulit dapatkan data pengguna bila menyerang kedua produk tersebut. Sebelum pembaruan dirilis, aplikasi-aplikasi tersebut tetap aman dipakai pengguna.

Pekan lalu para peneliti memperingatkan bahwa mereka menemukan Heartbleed, sebuah bug yang menargetkan software OpenSLL yang biasanya dipakai untuk menjaga keamanan data, berpotensi membuka jalan bagi hacker untuk mencuri informasi tanpa meninggalkan jejak.

Awalnya, para ahli keamanan menganjurkan perusahaan-perusahaan untuk fokus mengamankan kerentanan website, namun berlanjut memperingatkan tentang ancaman terhadap teknologi yang digunakan di data center dan perangkat mobile yang berjalan pada OS Android Google dan iOS Apple.

Christopher Katsaros , Juru bicara Google menolak berkomentar sedangkan pihak Apple belum dapat dihubungi.

Dijelaskan oleh para ahli keamanan, bahwa terdapat sejumlah aplikasi mobile yang cenderung rentan karena gunakan kode OpenSSL. Para developer dianjurkan untuk segera mencari tahu celah keamanan dan memperbaikinya.

Perusahaan-perusahaan teknologi dan Pemerintah Amerika Serikat (AS) menanggapi serius ancaman keamanan tersebut. Pejabat federal memperingatkan bank-bank dan pelaku bisnis untuk waspada kemungkinan pencurian data gunakan bug Heartbleed oleh hacker.

Cisco System, Hewlett-Packard (HP), International Business Machines (IBM), Intel, Juniper Network, Oracle, dan Red Hat, juga telah memperingatkan konsumen mengenai Heartbleed.  Sejumlah pembaruan juga telah dirilis, salah satunya BlackBerry yang telah siap melakukan pembaruan keamanan.

Meski belum ada laporan dari masyarakat mengenai kerentanan Heartbleed, peneliti menjelaskan bahwa celah keamanan tersebut sebenarnya telah ada selama beberapa tahun. Itu artinya, hacker kemungkinan berhasil menggunakannya tanpa pernah diketahui karena serangan itu tak meninggalkan jejak.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: BlackBerry Perbarui Keamanan Aplikasi BBM Terkait Adanya Ancaman "Heartbleed"



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "BlackBerry Perbarui Keamanan Aplikasi BBM Terkait Adanya Ancaman "Heartbleed""

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |