Siapa Pelatih Timnas U-23 di Asian Games 2014 Mendatang?



Teka-teki siapa yang akan jadi pelatih Timnas U-23 di Asian Games 2014 ini masih membuat penasaran publik pecinta sepakbola. Diperkirakan adanya deretan nama-nama pelatih seperti Rahmad Darmawan, Aji Santoso dan Nil Maizar jadi prediksi siapa yang akan melatih Timnas U-23 di Asian Games 2014 nanti.

Timnas U-23 berkesempatan mengikuti Asian Games 2014 yang akan digelar bulan September di Incheon, Korea Selatan (Korsel). PSSI dan juga Badan Tim Nasional (BTN) akan mempersiapkan Skuad Garuda dengan sebaik mungkin dan menunjuk Rahmad Darmawan, di timnas U-23.

Seperti yang diutarakan PSSI melalui Sekertaris Jendral (Sekjen), Joko Driyono bahwa telah ada dua kandidat pelatih lokal yang bergabung pada skuad Garuda Muda ini. Menurut penilaian Joko kedua pelatih itu paling menonjol dalam menjelaskan program-program timnas U-23 menjelang digelarnya ajang Asian Games 2014 nanti.

Munculnya nama Aji Santoso dan Nil Maizar ini bukanlah dasar, karena melihat pengalaman kedua pelatih tersebut sebagai pelatih timnas Indonesia. Aji Santoso, mantan punggawa timnas Indonesia era 1990-an merupakan asisten RD di SEA Games XXVII/2013 di Myanmar. Yang mana pada akhirnya Skuad Garuda ini hanya mampu meraih medali perak. Itu juga terjadi ketika Aji sebagai asisten RD di SEA Games 2011 di Jakarta - Palembang lalu.

Namun Aji Santoso mengalami masa yang kelam ketika ia sebagai pelatih kepala ditunjuk menjadi caretaker Wim Rijsbergen di timnas senior Indonesia pada tahun 2012. Ketika itu ia harus menyaksikan anak asuhnya dikalahkan tuan rumah Bahrain dengan 10 gol tanpa ada yang berhasil mencetak gol balasan di Pra Piala Dunia 2014, pada bulan Februari 2012 silam.

Akibatnya, itu menjadikan prestasi yang buruk dalam sejarah timnas Indonesia di dunia sepak bola internasional. 10 gol yang telah berhasil menjebol gawang Syamsidar dan Andi Muhammad Guntur, yang masuk mengantikan posisi Syamsidar karena waktu mendapat kartu merah, menjadikan pihak FIFA menyelidikinya. Karena khawatir akan ada permainan didalamnya.

Aji mengatakan, "Bila saya diminta untuk melatih timnas, mungkin saya lebih ingin melatih timnas U-23. Karena yang pertama, saya sudah pernah menjadi asisten pelatih di SEA Games. Meski hanya mampu meraih medali perak."

Kandidat pelatih Nil Maizar, mantan punggawa skuad Garuda yang mana sebagai pelatih kepala timnas senior Indonesia periode 2012-2013. Nil pernah memimpin Samsul Arif Munif beserta kawan-kawannya pada Piala AFF 2012, namun itu gagal. Yang saat itu Timnas Indonesia mengalami kekalah dengan Singapura dan Malaysia di fase group.

Ia memiliki gaya melatih yang berapi-api dan lebih menekankan sikap kekeluargaan, pelatih yang berusia 44 tahun ini juga dipandang cocok untuk melatih skuad Garuda Muda. Bila dipercaya oleh PSSI dan BTN, Nil mengaku siap untuk menjalankan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin.

"Tentu saja saya siap, bila dipercaya untuk memegang tugas tersebut. Karena sebagai putra bangsa, pekerjaan itu adalah tugas negara. Dan tentu saja, menjadi pelatih timnas U-23 adalah tantangan tersendiri bagi saya," jelasnya.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Siapa Pelatih Timnas U-23 di Asian Games 2014 Mendatang?



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Siapa Pelatih Timnas U-23 di Asian Games 2014 Mendatang?"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |