Klik Send Error Report pada Window, Merupakan Jebakan Hacker!



Bagi pengguna komputer/laptop bersistem operasi Windows tentunya pernah menjumpai pesan error ketika terjadi kesalahan sewaktu menjalankan program, yang akhirnya berujung pada melaporkan error report pada server Microsoft. Namun tahukah kalian, bahwa bila pengguna mengklik Send Error Report tersebut akan mengirimkan data pengguna bukan pada Microsoft melainkan kepada intelijen Amerika.

Memang pesan yang muncul pada boks error itu sering kali kita jumpai pada pengguna Windows sewaktu mengalami kerusakan program yang dijalankan. Didalam pesan itu dijelaskan bahwa sistem komputer mengalami kerusakan kemudian akan memberikan pilihan kepada penggunanya guna melaporkan error yang ada supaya pihak Microsoft dapat menyelesaikan masalah itu dengan melakukan update.

Namun pesan error yang akan diklik oleh pengguna Windows bukanlah dikirim ke server Microsoft, tetapi akan dikirim pada intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA). Mantan agen NSA, Edward Snowden lagi-lagi yang telah membocorkan dokumen laporan tersebut dilakukan oleh divisi Tailored Acces Operations (TAO).




Seperti dilansir Daily Mail, kerusakan sistem atau error yang terdapat di sistem operasi merupakan celah yang bisa dipakai untuk menggapai akses pada sistem operasi tersebut. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh NSA, kebanyakan hacker pun melakukan serangannya melalui sistem yang crash atau rusak.

Graham Clueley, ahli keamanan komputer menjelaskan peretasan melalui sistem error ini tidak hanya dilakukan NSA untuk wilayah Amerika Serikat (AS) saja, namun juga berbagai negara di luar AS yang memakai sistem operasi Windows. "Ini adalah strategi lain bagaimana NSA mencari kelemahan pada sebuah komputer, dan selanjutanya dieksploitasi olehnya," jelas Clueley.

Melalui juru bicaranya, Microsoft menyampaikan bahwa ia sama sekali tidak memberikan kuasa pada pemerintah untuk mengakses pengguna Windows secara langsung maupun tidak langsung. Microsoft juga menambahkan bahwa dirinya memiliki fokus yang siginifikan tentang dugaan tindakan pemerintah yang disebutkan benar atau tidak.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Klik Send Error Report pada Window, Merupakan Jebakan Hacker!



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Klik Send Error Report pada Window, Merupakan Jebakan Hacker!"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |