Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet



Baterai ialah salah satu komponen penting dalam perangkat laptop, karena baterai merupakan sumber daya paling utama yang diperlukan sebuah laptop.

Banyak pengguna laptop yang mengeluhkan baterai yang drop atau cepat habis, padahal sobat baru memakainya 1-2 jam. Entah itu sewaktu kerja, mengerjakan tugas sekolah/kuliah.

Tanpa disadari itu akan menyebabkan kerugian bagi sobat, jika sudah demikian pastinya sobat akan selalu mencharger baterai tersebut karena baterai yang dimiliki sudah ngedrop.

Ini disebabkan adanya beberapa faktor kerusakan bukan hanya dari software saja tetapi oleh perangkat hardwarenya juga. Untuk itu pengguna harus menjaganya supaya laptop tetap awet dan pastinya tak mudah rusak.

Berikut ini beberapa cara merawat baterai laptop sobat supaya tetap awet dan tidak mudah rusak :

- Gunakan laptop semaksimal mungkin, jangan sampai menghidupkan laptop terlalu lama.

- Pastikan suhu ruangan sobat dalam kondisi normal atau tak terlalu panas saat menggunakan laptop. Bila perlu sobat dapat memakai cooling pad guna menjaga suhu ruangan.

- Segeralah lepas kabel charger laptop sobat bila telah terisi penuh.

- Ketika baterai mulai limit, segera charger laptop sobat. Jangan biarkan baterai kosong hingga 0%.

- Hindarkan baterai dari panas matahari langsung, air dan jangan sampai laptop berdebu karena akan menyebabkan komponen rusak.

- Pada saat laptop dicharger jangan menghidupkannya, ada baiknya tunggu hingga baterai terisi penuh (full).

 
- Tegangan listrik yang tak stabil akan menyebabkan adaptor rusak dan baterai drop. Sebaiknya perhatikan penggunaan listrik adaptor


- Untuk penggunaan daya yang berlebihan sebaiknya atur kecerahan layar monitor. Semakin terang layar laptop sobat maka semakin banyak konsumsi daya baterainya , dan akan membuat baterai cepat habis.

- Sebaiknya rajin membersihkan ventilasi laptop dengan memakai alat khusus.

- Ketika baterai rusak, pastikan sobat membeli baterai original supaya kualitas yang diperoleh juga baik.

- Ketika listrik padam saat sobta mencharger laptop, jangan langsung mencabutnya karena bisa berpengaruhi pada perangkat laptop dan menyebabkan konsleting hardware.

Sudah tau kan cara-caranya, untuk itu sobat tergaptek.com ada baiknya memperhatikan ketika mencharger laptop. Semoga dari informasi diatas dapat bermanfaat buat sobat semuanya. - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

1 Respones to "Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |