Tips Menghindari Paparan Radiasi dari Handphone




 

Sekarang ini telah banyak orang memiliki dan menggunakan handphone baik anak-anak maupun orang dewasa. Penggunaan handphone seharusnya perlu diwaspadai, karena banyak orang yang dimanapun mereka berada pasti tak lupa membawa handphone.

Bahkan sampai dibawa tidur, diletakkan disamping ketika tidur. Memang penting handphone itu berkomunikasi tapi ada baiknya jika kita mengetahui bahaya radiasi bagi kesehatan dari handphone itu sendiri.

WHO telah secara resmi menyatakan bahwa radiasi pada ponsel/handphone yang berasal dari sinyal radio itu bersifat karsinogenik (dapat memicu kanker).

Untuk itu perlu pencegahan agar terhindar dari radiasi handphone/ponsel, berikut ini sedikit tips nya :

1. Batasi pemakaian ponsel ketika berbicara. Ada baiknya berbicara seperlunya saja dan sebisa mungkin mengirim sms daripada menelpon.

2. Ketika sinyal handphone lemah (rendah) jangan gunakan handphone. Ini akan menyebabkan ponsel bekerja lebih keras untuk memperoleh koneksi, sehingga kemungkinan akan menimbulkan radiasi lebih besar

3. Jangan menyimpan ponsel ketika sedang menyala. Karena tubuh bisa menyerap radiasi yang membahayakan, sebaiknya jauhkan dari anggota badan. Karena semakin besar kebutuhan berkomunikasi, hingga ponsel pun ikut dibawa ketika tidur. Ini sebaiknya dihindari untuk mengurangi kemungkinan terkena radiasi.

4. Disaat berada di tempat tertutup seperti di lift dan mobil jangan menggunakan ponsel karena radiasi bisa terjadi saat ponsel mencoba menciptakan koneksi pada sinyal

5. Menelpon saat berkendara juga sebaiknya dihindari. Berbicara di handphone sambil bergerak dengan cepat membuat handphone terus berusaha menciptakan sambungan (koneksi) berulang ke menara berikutnya, sehingga melepaskan energi dalam jumlah besar.

6. Menggunakan speakerphone. Bila anda sendiri dan tidak ingin mengganggu orang lain, maka penggunaan speakerphone ialah cara yang baik karena memiliki jarak aman dari kepala.

7. Menggunakan Airplane Mode. Kebanyakan handphone/ponsel kini memiliki fungsi untuk digunakan di pesawat udara. Airplane mode meniadakan transmisi nirkabel dan menghentikan risiko radiasi. Bila Anda tidak memakai handphone untuk waktu yang cukup lama, matikanlah atau pilih airplane mode, maka handphone Anda akan mengkonsumsi energi lebih rendah dan menghemat baterai sehingga penggunaannya lebih efisien.

8. Menggunakan headset ferrite bead. Ferrite bead ialah asesoris handphone yang berfungsi untuk mengurangi radiasi. Kabel yang ada di alat pendengar di handphone Anda juga bisa menyalurkan radiasi ke telinga. Memakai ferrite bead, Anda bisa mengurangi radiasi tersebut.

9. Membeli ponsel dengan radiasi rendah. Setiap telepon seluler memiliki tingkatan radiasi yang bervariasi, untuk itu perlu mencari info tentang produk ponsel beradiasi rendah yang sesuai dengan kebutuhan. Apapun model handphonenya, selalu ikuti penggunaannya yang benar. Produsen handphone selalu memberikan info tentang cara memakai dan membawa handphone supaya konsumen dapat membatasi paparan radiasi.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips Menghindari Paparan Radiasi dari Handphone



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Tips Menghindari Paparan Radiasi dari Handphone"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |