Satu Charger Bisa Untuk Lebih dari Satu Laptop



Bagi orang yang sering membawa lebih dari 1 laptop, tentu dapat menyusahkan ketika banyaknya jumlah charger yang harus dibawa saat kita bepergian. Sungguh akan membuat pusing  bila charger yang kita bawa ternyata rusak dan tak bisa sulit mencari gantinya.
 
 Tentu dimasa depan nanti semua kerepotan itu mungkin tak akan terjadi lagi karena semua laptop akan memakai standar charger yang sama (universal), seperti dengan smartphone terkini yang banyak memakai port micro-USB.

Seperti dilaporkan oleh ArsTechnica, spesifikasi charger tersebut sedang dipersiapkam oleh IEC (International Electrotechnical Commission), lembaga internasional yang bertanggung jawab menetapkan standar dunia atas berbagai peralatan elektronik.

IEC pula yang sebelumnya telah menerapkan standardisasi charger ponsel universal berbasis micro-USB.

Charger universal notebook spesifikasinya bakal dipublikasikan pada awal 2014 mendatang. Di dalamnya, IEC mengatur "semua aspek kritis yang berkenaan dengan laptop, seperti jenis konektor, kinerja, keamanan, dan pertimbangan lingkungan".

Diberlakukannya standar baru ini, diharapkan kuota sampah elektronik akan bisa berkurang. Membeli charger baru untuk laptop juga akan dibuat lebih mudah.

Standar charger universal seperti ini sesungguhnya telah diterapkan oleh Perusahaan Apple yang menggunakan charger MagSafe untuk seluruh produk laptop MacBook miliknya tersebut. Untuk produsen lain seperti Lenovo, Acer dan HP diperkirakan akan mengambil standar baru dari IEC

- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Satu Charger Bisa Untuk Lebih dari Satu Laptop



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Satu Charger Bisa Untuk Lebih dari Satu Laptop"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |