Lewat Gelombang Suara, Hacker Curi Data



Peneliti dari Jerman berhasil temukan metode terbaru untuk mencuri data seseorang, yaitu dengan memakai gelombang suara. Seorang hacker bisa mencuri data dalam jumlah kecil hanya melalui gelombang suara yang tersambung antar laptop tanpa mempergunakan jaringan internet.

Dari Fraunhofer Institute for Communication, Ilmuwan komputer sukses lakukan pencurian data antar laptop tanpa memakai jaringan internet dalam jarak 19 meter. Peneliti hanya memanfaatkan speaker dan mikrofon yang terdapat dalam laptop tersebut sebagai alat untuk mengambil data.

Yang dipakai adalah gelombang suara yang tidak bisa didengar oleh manusia. Peneliti mempergunakan sebuah transmisi yang bisa merubah gelombang suara tersebut menjadi sekumpulan data. Tetapi dengan munculnya metode ini hacker hanya mampu mencuri berbagai data dalam jumlah yang kecil, seperti kode-kode penting, pin, atau password. Kecepatan rata-rata yang digunakan hanya 20 bit per detik, tetapi itu sudah cukup untuk mentransfer sebuah password.

Meski begitu peneliti mengungkapkan, akan terus meningkat kecepatannya seiring keberlangsungan penelitian. Dengan jarak 65 kaki atau 19 meter antar satu komputer dengan lainnya, jarak ini akan dapat diperpanjang seiring dengan perkembangan teknologi. - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Lewat Gelombang Suara, Hacker Curi Data



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Lewat Gelombang Suara, Hacker Curi Data"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |