Beberapa Tips Mengatasi Komputer/Laptop yang Lambat atau Lemot






Mungkin komputer/laptop anda sudah mulai terasa melambat karena faktor pertambahan usia PC dan pastinya perawatan secara berkala sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan PC dan laptop. Biasanya, langkah pertama cara agar komputer/laptop tidak lambat atau lemot ialah dengan melakukan beberapa pembersihan data yang tak terpakai serta melakukan beberapa tune-up ringan supaya lebih optimal.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi Komputer/Laptop yang lemot :

1. Komputer atau Laptop lambat/lemot karena kurangnya kapasitas memory.

Bila banyak software yang terinstall pada komputer/laptop Anda memungkinkan menjadikan lambat. Dikarenakan komputer memerlukan memory tambahan. Misalnya seperti VGA dan memory RAM. Jalan keluarnya agar tak melakukan upgrade besar-besaran adalah, menghapus program-program yang tidak penting. Contohnya game, dan program yang terkoneksi internet lainnya.

2. Komputer atau Laptop lambat/lemot dikarenakan banyak file sementara.

File sementara yang biasanya terdapat  pada C:\Windows\Temp adalah file yang tidak penting biasanya. Sebaiknya lakukan mendeletan/penghapusan. Cara cepat membersihkannya ialah dengan cara ketik tombol 'Windows' + 'R'. Kemudian ketik, 'cleanmgr'. Bila sudah muncul jendela baru, klik dan pilih 'Local Drive' yang akan dibersihkan.

3. Komputer atau Laptop lambat/lemot yang disebabkan kondisi hardisk.

Jika media penyimpanan seperti hardisk yang sangat berperan di dalam komputer telah mulai berumur atau lama. Tindakan yang lakukan ialah rajin mengdefrag hardisk supaya kondisinya selalu stabil dan baik. Software yang disarankan ialah Defragler.

Cara kedua adalah dengan mengganti hardisk yang baru.

4. Komputer atau Laptop lambat/lemot karena terdapat banyak virus, malware dan spyware.

Malware, Virus dan spyware ialah penghancur sistem kerja komputer yang menyebabkan komputer sering eror. Cara yang ampuh untuk mengatasinya adalah install kembali windows anda. Pilihan kedua dengan memanfaatkan pembersih virus misalnya menginstall Antivirus Avira, Smadav dll.

5. Komputer atau Laptop lambat/lemot Penyebabnya hardware kepanasan atau 'overheat'.

Tindakan yang dilakukan saat komputer mengalami ini adalah dengan memastikan sirkulasi udara yang masuk kedalam CPU. Hardisk, VGA dan Prosessor sangat berpengaruh bila terlalu overheat. Karena dapat menyebabkan kelambatan pada komputer. Maka dari itu, kebersihan dalam CPU harus dijaga. Pastikan sirkulasi udara dengan baik.
Anda bisa menggunakan kipas atau fan untuk Laptop agar tidak terlalu panas apabila sirkulasi udara tidak begitu baik.. - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Beberapa Tips Mengatasi Komputer/Laptop yang Lambat atau Lemot



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Beberapa Tips Mengatasi Komputer/Laptop yang Lambat atau Lemot"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |