Tak Sampai Setahun Timnas Indonesia Empat Kali Ganti Pelatih




Pergantian pelatih kembali terjadi pada Timnas Indonesia. Walaupun pertandingan babak kualifikasi Piala Asia 2015 belum selesai, tetapi PSSI sebagai induk federasi sepak bola di Indonesia telah mengganti pelatih sebanyak empat kali.

Gejolak di kepengurusan PSSI membuat organisasi pimpinan Djohar Arifin Husin itu sering kali melakukan pergantian pelatih. Pertama Nilmaizar yang memimpin skuat ‘Garuda’ di gelaran babak kualifikasi Piala Asia melawan Irak pada 6 Februari.

Sesudah itu, PSSI kemudian menyerahkan tongkat pelatih kepada Luis Manuel Blanco. Sangat disayangkan, belum sempat membuat strategi di pertandingan menghadapi Arab Saudi pada 23 Maret 2013, mantan pemain Boca Juniors itu dikeluarkan.

Saat pertandingan melawan Arab Saudi, Indonesia dilatih oleh duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago. Setelah pertandingan itu, Badan Tim Nasional (BTN) menugaskan kepada RD untuk menangani timnas U-23, sedangkan Jacksen melatih timnas senior.

Jacksen F. Tiago mulai menangani Timnas Indonesia di pertandingan melawan Belanda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 7 Juni 2013. Namun Timnas mengalami kekalahan 0-3.

Menangani Timnas Indonesia, pencapaian Jacksen F. Tiago bisa dikatakanb bagus. Timnas dibawanya meraih poin perdana di babak kualifikasi Piala Asia 2015. Timnas Indonesia menahan imbang Cina 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 15 Oktober 2013 lalu.

Jacksen melatih Boaz Solossa dan kawan-kawan di enam pertandingan, dengan hasil 2 kali menang, satu kali imbang, dan tiga kali kalah. Dia menyelesaikan tugasnya setelah pertandingan melawan Irak di SUGBK pada Selasa 19 November 2013 lalu.

Ketua BTN La Nyalla Mahmud Mattalitti mengungkapkan, seringnya pergantian pelatih di timnas Indonesia, terjadi karena pihaknya belum menemukan pelatih terbaik sesuai keinginan PSSI.

“Mana carikan dong, tolong carikan siapa, kalau nyatanya terus kita mencari, mencari yang terbaik. Syarat utama pelatih, program dan kesuksesan yang harus bagus,” ungkapnya.

Setelah Jacksen F Tiago, saat ini PSSI memanggil Alferd Riedl pelatih asal Austria ini untuk kembali melatih timnas Indonesia. Sebelumnya Riedl pernah menangani Timnas di Piala AFF 2010. Hasilnya, Indonesia hanya mampu menduduki posisi runner-up.

Indonesia masih menyisakan satu pertandingan pada babak kualifikasi Grup C Piala Asia 2015, yaitu melakukan lawatan ke Arab Saudi pada 5 Maret 2014. Untuk sementara, Indonesia menduduki posisi juru kunci, hanya memperoleh satu poin dari lima pertandingan. - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tak Sampai Setahun Timnas Indonesia Empat Kali Ganti Pelatih



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

5 Respones to "Tak Sampai Setahun Timnas Indonesia Empat Kali Ganti Pelatih"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |