Trik Mengatasi Perut Keroncongan



Sobat sering keroncongan kalo pas lagi laper?? Apalagi pas puasa gini, yuk langsung simak aja kiat-kiat dibawah ini yaa.. Kan malu juga, kalo tiba2 di keramaian perut kita bunyi, hehe
Selama berpuasa, perut akan mengalami kekosongan kurang lebih selama 14 jam. Perut kosong biasanya akan menimbulkan bunyi yang menandakan lapar. Selain karena lapar biasanya bunyi perut juga bisa dipicu oleh beberapa hal. Dikutip dari berbagai sumber, inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan perut berbunyi saat berpuasa dan bagaimana cara mengatasinya.
Seperti yang dilansir dari doktersehat, setelah kurang lebih dua jam setelah makanan dalam perut selesai dicerna, perut kemudian menjadi kosong. Hasil perncenaan makanan akan menghasilkan hormon yang menstimulasi saraf untuk mengirimkan pesan ke otak.
Setelah itu otak akan membalas dengan reaksi yang membuat otot memulai gerakan peristaltik. Hal yang terjadi adalah kontraksi ini membersihkan sisa makanan yang tertinggal saat proses perncernaan dalam perut. Kemudian akan terjadi vibrasi dari perut kosong yang akan membuat kita merasa kelaparan.
Pada dasarnya bunyi pada perut disebabkan oleh kombinasi dari gerakan yang disebutkan di atas serta komponen yang ada pada rongga usus. Seperti yang dituliskan dalam website dokterumum.netbiasanya perut akan berbunyi setelah 8 jam setelah kita sahur. Itulah mengapa di siang hari saat berpuasa perut sering berbunyi.
Nah, untuk mencegahnya, pada saat sahur sebaiknya menghindari makanan yang menghasilkan gas karena makanan ini akan memicu bunyi perut saat kosong. Hindari makanan seperti kol dan sawi karena dua makanan tersebut mengandung gas dan berpotensi memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Seperti halnya minuman bersoda yang mengandung banyak gas, sebaiknya jangan diminum saat sahur.
Selain itu makanan berlemak seperti coklat dan keju, mie instan dan ketan juga sebaiknya dihindari saat  bersantap sahur. Karena komposisi yang terkandung di makanan  tersebut sulit dicerna sehingga proses pencernaan lebih lama dan memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan. Struktur mie instan sendiri cepat mengembang dalam lambung sehingga dapat menghasilkan gas dalam saluran pencernaan di perut.
Sumber: yahoo.com
Well, nggak pakai acara keroncongan lagi dong ya perutnya? hihi
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Trik Mengatasi Perut Keroncongan



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

11 Respones to "Trik Mengatasi Perut Keroncongan"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |