Si Mungil Zbee Pengganti Bajaj



Udah pada tahu yang ini belom Sobat tergaptek ?? si mobil listril beroda tiga yang katanya bakal ngegantiin bajaj di Indonesia. Bentuknya lucu deh, mungil, juga katanya ramah lingkungan. Bener enggaknya, kita liat nanti aja :)



Perusahaan mobil listrik asal Swedia, Clean Motion, berencana meluncurkan kendaraan roda tiga bertenaga listrik, ZBee, secara global di Indonesia pada 12 Juni 2013.

Dalam keterangan resmi Kedutaan Besar Swedia untuk Indonesia yang diterima VIVAnewsworld premiere Zbee akan dilaksanakan di Balaikota Jakarta pada 12 Juni 2013.

Clean Motion memproyeksikan Zbee akan menggantikan kehadiran angkutan umum seperti Bajaj. Sebab, kendaraan asal India yang mengeluarkan banyak kepulan asap itu akan digantikan dengan kendaraan ramah lingkungan.

Bahkan, rencananya Zbee akan diproduksi di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan. Pabrik yang berlokasi di Jawa Timur itu rencananya akan memiliki kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun.

Untuk desain Zbee memang tampak seperti Bajaj. Namun, yang pasti, kualitas gas buang kendaraan ini akan lebih hijau, dan membuat udara Jakarta lebih bersih.

Sebelumnya, rencana kehadiran pengganti Bajaj ini pernah dibahas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama pada Februari lalu. Waktu itu, Ahok menerima tamu dari Kedutaan Swedia yang datang untuk mempresentasikan kerja sama antara Indonesa dan Swedia, khususnya Jakarta.

Dalam kunjungannya, Kedutaan Swedia yang memboyong staf ahli, berniat membantu sistem transportasi Jakarta dengan sebuah kendaraan motor listrik ramah lingkungan, yaitu Zbee. 

Meski kecil, kendaraan berkapasitas tiga penumpang ini juga memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu hanya 230 kilogram. Selain itu, motor listrik roda tiga ini diklaim tidak mengeluarkan suara bising serta bebas polusi udara.

Karena menggunakan tenaga listrik, untuk menyimpan daya Zbee akan menggunakan baterai Li-lon. ZBee sanggup menghabiskan listrik sebanyak 4 kWh/100 kilometer, dan mampu melaju hingga 35-70 km, dengan kecepatan maksimum mencapai 45 km/jam.

Sumber : vivanews
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Si Mungil Zbee Pengganti Bajaj



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

7 Respones to "Si Mungil Zbee Pengganti Bajaj"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |