Aksi Munarman Ancam Demokrasi Indonesia, kata YLBHI



Beneran kaget banget liat aksinya Pak Jubir FPI yang dengan tiba-tiba menyiram lawan debatnya dengan teh manis. Ngenes banget, yang belum tahu bisa liat disini.
Berbagai kalangan menyayangkan tindakan juru bicara Front Pembela Islam, Munarman, yang menyiram air ke wajah sosiolog UI, Tamrin Amal Tomagola, saat acara dialog di acara tvOne, Jumat pagi 28 Juni 2013.

Menyikapi peristiwa ini Yayasan LBH Indonesia (YLBHI), bersama 15 Kantor LBH Se-Indonesia (LBH Banda Aceh, LBH Medan, LBH Padang, LBH Palembang, LBH Pekanbaru, LBH Bandar Lampung, LBH Jakarta, LBH Bandung, LBH Semarang, LBH Yogyakarta, LBH Surabaya, LBH Bali, LBH Makassar, LBH Manado, dan LBH Papua) mengecam dan mengutuk tindakan mantan Ketua YLBHI tersebut.
Dalam keterangan tertulis YLBHI, Jumat 28 Juni 2013, menyebutkan perbuatan Munarman yang pernah memimpin LBH Banda Aceh itu adalah tindakan kekerasan yang mengancam ruang kebebasan berpendapat, berdiskusi, dan juga mengancam Demokrasi di Indonesia.

Mereka menilai tindakan ini bukan semata tindakan spontan lepas kontrol dalam sebuah diskusi. Tapi tindakan yang kongruen dengan tindakan kekerasan yang FPI dan Munarman lakukan di tempat dan waktu lain.

"Tindakan itu bukan hanya berdampak kepada Tamrin Amal Tomagola saja, tapi berpotensi mengancam dan menimbulkan ketakutan publik."

Untuk menindaklanjuti hal ini, YLBHI-LBH se-Indonesia siap melakukan pendampingan dan mengawal Tamrin Amal Tomagola untuk meneruskan dan memproses kasus tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Pol Rikwanto, mengatakan sudah mengetahui perihal insiden tersebut. Namun, kata dia, tidak terlihat kedua belah pihak akan melapor kejadian itu ke polisi.

Rikwanto menyayangkan insiden itu bisa terjadi. Mengenai apakah akan melapor atau tidak, itu merupakan hak dari masing-masing individu.

"Ini silakan yang bersangkutan merasakan, apabila termasuk dirugikan, silakan buat laporan polisi. Namun apakah yang bersangkutan akan melapor atau tidak itu haknya," ujarnya.
Sumber: vivanews.com
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Aksi Munarman Ancam Demokrasi Indonesia, kata YLBHI



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

13 Respones to "Aksi Munarman Ancam Demokrasi Indonesia, kata YLBHI"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |