Siapa Takut Makan Jengkol



Hayoo, siapa sobat-sobat disini yang doyan jengkol, hehe...
Beruntunglah kalian, karena jengkol itu menyimpan sejuta manfaat untuk manusia, salah satunya ini nih sob..
http://sabdho.files.wordpress.com/2011/07/jengkol.jpg

Dibalik bau yang di timbulkan jengkol, ternyata jengkol juga memiliki kandungan serta manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian, jengkol kaya akan karbohidrat, protein, vitaamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin.

Kandungan vitamin C dalam buah ini diperkirakan sekitar 80 mg pada setiap 100 gram biji jengkol. Sedangkan angka kecukupan gizi yang dianjurkan perhari adalah 75 mg untuk wanita dewasa, dan 90 mg untuk pria dewasa.

Jengkol merupakan protein yang baik bagi tubuh, kadar protein pada jengkol melebihi tempe yang selama ini di kenal sebagai sumber protein nabati. Kebutuhan protein setiap individu berbeda-beda. Selain untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan, protein juga berfungsi membangun enzim, hormon, dan imunitas tubuh.

Selain itu, jengkol juga mengandung zat besi. Seseorang yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Gejala-gejala orang yang mengalami anemia adalah, mudah kelelahan, lemah, pucat, kurang bergairah, sakit kepala, mudah marah, tidak mampu berkonsentrasi, serta rentan terhadap infeksi. Oleh sebabnya itu, jangan ragu mengkomsumsi jengkol, karena jengkol kaya akan zat besi.

Jengkol juga sangat baik bagi kesehatan tulang karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, peran kalsium pada tubuh pada umumnya dapat di bagi menjadi dua, yaitu membantu pembentukan tulang dan gigi, serta mengatur proses biologis dalam tubuh.

Dan tidak kalah penting lagi kandungan fosfor yang ada di dalam jengkol sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi, serta untuk penyimpanan dan pengeluaran energi.

Dengan demikian, banyak sebenarnya manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah jengkol untuk kesehatan tubuh kita sobat :). - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Siapa Takut Makan Jengkol



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

1 Respones to "Siapa Takut Makan Jengkol"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |