Ini nih yang bikin Jerawat Tumbuh



Salam GapteK sobat sekalian...
Ada tiga penyebab utama munculnya jerawat. Ketiga hal tersebut harus muncul bersama-sama sehingga muncul jerawat. Anehnya, ketiga penyebab tersebut sama sekali tdk berhubungan dgn produk perawatan kulit ataupun minimnya perawatan terhadap kulit. Berikut ini ketiga penyebab tersebut:

http://1.bp.blogspot.com/-5EcbYtlmT_8/TabliVJ1UHI/AAAAAAAAABc/1EemqCZjE7I/s400/images.jpg

1. Kelenjar Sebaceous yg terlalu aktif

Kelenjar Sebaceous berfungsi untuk menghasilkan sebum atau minyak yg diperlukan untuk melumasi permukaan kulit. Orang-orang yg rentan terhadap jerawat mengalami produksi sebum yg berlebihan. Sehingga sisa sebum tertinggal di pori-pori dan menyumbat saluran sebaceous, yg berakhir pada penyumbatan folikel.

Berdasarkan informasi yg diperoleh dari International Dermal Institute, sebum yg dimiliki oleh orang yg berjerawat memiliki komposisi yg berbeda dgn sebum orang pada umumnya. Sebum pada orang yg berjerawat mengandung lebih banyak squalene dan wax ester dibanding sebum normal, dan juga mengandung asam lemak bebas dan asam linoleat yg lebih sedikit. Komposisi sebum seperti ini merupakan habitat yg ideal bagi perkembangan bakteri pemicu jerawat.

2. Pengelupasan sel kulit mati yg tdk normal
Lapisan epidermis pada kulit secara rutin akan meluruhkan sel-sel kulit mati melalui sebuah proses yg dikenal sebagai desquamation. Pada proses ini, sel kulit mati diluruhkan dari stratum korneum dan diganti oleh sel-sel baru. Pada kulit yg rentan terhadap jerawat, proses ini akan memakan waktu empat hingga lima kali lebih lama dibanding proses desquamation pada kulit normal.

Selain itu, kulit penderita jerawat juga mengandung butiran Lamellar yg lebih sedikit dibanding kulit normal. butiran ini terdapat di stratum corneum. Butiran Lamellar berfungsi untuk melepaskan enzim yg mencerna sat-sat yg melekatkan sel-sel. Dgn kata lain, kulit yg rentan terhadap jerawat menghasilkan lebih banyak sel-sel kulit mati dibanding kulit normal. Lebih lanjut, sel-sel kulit mati tersebut tdk dilepaskan, tapi tertinggal di dalam folikel dan menghasilkan komedo.

3. Proliferasi bakteri

Propionibacteria acnes (P. acnes) merupakan bakteri yg paling banyak dijumpai di kulit yg berjerawat. Pada kulit berjerawat, populasi bakteri ini berkembang melewati batas. Sumbatan yg diciptakan oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak di pori-pori menciptakan lingkungan anaerobic, dimana oksigen tdk dapat masuk. Lingkungan seperti inilah yg diperlukan oleh P. acnes untuk berkembang biak.

Bakteri P. acnes mencerna minyak yg terperangkap di dalam pori-pori dan menghasilkan limbah berupa asam lemak. Limbah inilah menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit. Perlu diketahui bahwa kehadiran bakteri P. acnes tdk dipengaruhi dgn kebersihan kulit. Sehingga mencuci wajah saja tdk akan membersihkan kulit dari bakteri tersebut. - Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Ini nih yang bikin Jerawat Tumbuh



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

8 Respones to "Ini nih yang bikin Jerawat Tumbuh"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |