Cara Menghemat Uang Dalam Berbelanja



Sobat   ter- GapteK ..Kenaikan bahan bakar, juga berimbas pada makanan. Harga bahan pokok yang semakin lama semakin melonjak, membuat kita harus memutar otak mencari cara bagaimana menghemat pengeluaran uang. Berikut cara – cara menghemat uang dalam hal makanan,
http://www.klikini.com/wp-content/uploads/2011/04/hemat-uang.jpeg

1. Belilah Produk Lokal
Kebiasaan masyarakat modern adalah menyukai yang praktis – praktis. Termasuk dalam hal berbelanja bahan makanan. Supermarket adalah jawaban dari kepraktisan tersebut. Padahal tanpa kita sadari dengan berbelanja di super market, kita telah mengeluarkan uang lebih. Cobalah beralih ke pasar tradisional. Dengan kualitas yang tidak kalah dibanding dengan supermarket, pasar tradisional menawarkan harga yang lebih murah, bisa ditawar dan kelebihan lainnya adalah kita dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

2. Gunakan Kupon Belanja (Jika Ada)

Terkadang saat kita berbelanja dalam jumlah yang besar, kita mendapatkan kupon diskon atau kupon berbelanja yang lain. Maka jangan pernah berfikir untuk mengoleksi atau bahkan membuangnya. Gunakanlah benda itu dalam pembelanjaan selanjutnya, sehingga dapat mengurangi sedikit pengeluaran berbelanja.

3. Berbelanja Lalu Masaklah
Jangan membiasakan diri menumpuk bahan makanan yang tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Misalnya ayam atau ikan. Jika kita terlalu lama mendiamkannya di dalam lemari es, maka kandungan gizi yang terdapat di dalamnya akan berkurang. Begitu juga dengan rasa dan tampilannya, pasti tidak akan sesegar ketika kita pertama membelinya. Dengan begitu, keinginan kita untuk membeli makanan lain sebagai penyeimbang rasa sangat besar. Itu berarti menambah pengeluaran kita, to?

4. Belilah Dalam Partai Besar
Poin ini tidak dipergunakan untuk bahan – bahan yang tidak terlalu sering kita gunakan. Sebagai orang Indonesia, makanan pokok kita kebanyakan adalah nasi. Maka alangkah lebih baik jika kita membeli beras dalam jumlah yang besar, sekiranya cukup untuk satu bulan misalnya. Tetapi kita tidak perlu membeli berkarung – karung tepung karena kita tidak menggunakannya setiap hari.

5. Belilah Barang yang Bermerk
Barang yang bermerk telah terbukti berbanding lurus dengan kualitas. Contohnya ketika kita membeli garam. Bandingkan membeli garam yang bermerk dengan yang kualitas rendah. Untuk menciptakan rasa asin, dengan garam bermerk, kita hanya membutuhkan 1 sendok, tapi ketika kita menggunakan garam kualitas rendah, kita membutuhkan lebih dari 1 sendok. Hasil akhirnya pengeluaran kita sama. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan bahan yang berkualitas sehingga kita dapat menghemat namun tetap sehat.

6. Buatlah Menu Mingguan

Membuat daftar menu yang akan kita sajikan untuk seminggu tentu mempunyai banyak keuntungan. Selain kita dapat memprediksi dan mengatur pengeluaran, kita juga dapat menakar nilai gizi selama seminggu itu. Jadi, kita dan keluarga kita tidak sampai kekurangan asupan gizi namun kita juga dapat mengatur pengeluarannya.

7. Simpan Kelebihan Makanan

Kelebihan makanan yang telah kita masak acapkali kita sia – siakan dengan cara membuangnya. Namun, hal itu harus kita hentikan mulai dari sekarang jika kita ingin berhemat. Dengan menyimpan kelebihan makanan, kita dapat menggunakannya untuk waktu makan selanjutnya.

8. Belanja Online

Berbelanja online adalah cara yang tepat untuk menghemat biaya. Ketika kita berbelanja online, pasti yang kita cari adalah barang yang kita butuhkan sehingga kita tidak melihat barang lain dan tidak tertarik untuk membelinya. Selama ini supermarket yang menyediakan begitu banyak barang yang dapat menarik perhatian kita untuk membelinya saat kita berbelanja di sana.

9. Berhentilah Menggunakan Resep

Resep yang kita unduh dari internet, kita baca dari tabloid, atau kita dengar dari televisi kebanyakan adalah resep dari master chef atau koki handal. Dan kebanyakan resep yang mereka gunakan adalah resep yang menggunakan bahan – bahan import yang harganya tidaklah murah, oleh karena itu berhentilah menggunakan resep, masaklah masakan yang sudah Anda ketahui pasti cara membuatnya atau gunakan resep dari orang tua.

10. Buatlah Rincian / List Sebelum Berbelanja
Ini adalah poin terpenting dalam menghemat belanja makanan. Rincian bahan – bahan yang akan kita gunakan dan kita perlukan menghindarkan kita dari membeli barang atau bahan yang tidak kita perlukan. Bahkan kita bisa memprediksi pengeluaran kita sehingga kita juga bisa memprediksi berapa uang yang akan kita bawa untuk berbelanja


- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Cara Menghemat Uang Dalam Berbelanja



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

11 Respones to "Cara Menghemat Uang Dalam Berbelanja"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |