Penemuan Teknologi Baru Panel Surya Yang Menghasilkan Listrik dan Hidrogen




Tenaga surya adalah menggunakan energi matahari untuk menyalakan alat elektronik. Panel surya dibuat dari susunan solar sell. Sell-sell itu mengumpulkan energi matahari dan mengubahnya menjadi energi elektrik. Sobat Tergaptek, belum lama ini ilmuwan dari Bowling Green State University menemukan suatu penemuan teknologi pembangkit listrik tenaga surya yang konon menghasilkan hidrogen.
Penemuan ini sangat penting karena akan meningkatkan efektif energi efisiensi pada panel dengan menghasilkan energi ekstra. 


Menurut informasi Ubergizmo pengembangan teknologi panel surya mempunyai core pada penggunaan material nano-crystal buatan. Material tersebut memiliki dua komponen sekaligus yaitu yang bersifat photo catalysis yang mampu menghasilkan hidrogen ketika panel ditenggelamkan pada permukaan air. Komponen kedua bersifat photovoltaic, mengubah cahaya menjadi energi listrik. 


Hidrogen memiliki sifat mudah terbakar dan memiliki kandungan energi yang tinggi. Hidrogen bahan bakunya mudah didapat dan memiliki kandungan energi yang tinggi juga ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi. Selama ini, hidrogen memang digadang sebagai sumber energi masa depan karena menawarkan sumber energi yang tak terbatas dan bersih. Namun saat ini ilmuwan masih kesulitan memproduksi hidrogen dalam jumlah besar dan skala ekonomis walau bahan bakunya melimpah. Untuk memisahkan molekul hidrogen (H) dari bahan bakunya, Air (H2O), dibutuhkan energi listrik yang sangat besar. Tentu hal ini menyulitkan memproduksi hidrogen dalam jumlah besar karena menjadi tidak ekonomis.
- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Penemuan Teknologi Baru Panel Surya Yang Menghasilkan Listrik dan Hidrogen



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

7 Respones to "Penemuan Teknologi Baru Panel Surya Yang Menghasilkan Listrik dan Hidrogen "

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |